Home > PSM

Soal PSM Cup, Aksa Mahmud: Penting untuk Pembentukan Generasi Sepakbola

Aksa Mahmud (ketiga dari kanan) makan malam bersama pelatih, pemain dan ofisial tim peserta PSM Cup U-15 di Pantai Indah Bosowa, Kamis (13/6) malam - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Founder Bosowa Corporindo, HM Aksa Mahmud menjamu makan malam seluruh pemain, pelatih dan ofisial tim peserta PSM Cup U-15 2024.

Makan malam bersama tersebut digelar di RM Lae-lae, Pantai Indah Bosowa (PIB), Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Kamis (13/6).

Aksa Mahmud menjelas ide PSM Cup yang diinisiasi oleh Celebes Olahraga Indonesia (Celebes Sport) dan Filanesia Manajemen ini sangat bagus.

"Ide PSM Cup ini bagus untuk pembentukan generasi sepak bola dari Kawasan Timur Indonesia, bahkan di Indonesia. PSM Cup ini saya harapkan setiap tahun dilaksanakan," ujar Aksa kepada CELEBESMEDIA.ID.

"Bahkan saya minta sama Pak Andi Suruji (Direktur Celebes Sport), ulang tahun Bosowa juga dilaksanakan turnamen untuk memperebutkan trofi PSM Cup. Mungkin dari segi umurnya yang sekarang kan 15 tahun, bahkan nanti di ulang tahun mungkin U-20," tambah dia.

Ke depannya, harap Aksa Mahmud, lewat PSM Cup sepakbola bisa menjadi olahraga masyarakat dan anak-anak mempunyai daya tarik, sehingga sepakbola Indonesia berkembang.

"Bayangkan saja, Kroasia yang punduduknya hanya empat juta bisa jadi juara dua dunia, hebatnya. Kita 280 juta penduduk, untuk juara ASEAN (Piala AFF) saja setengah mati," ucap Aksa.

"Oleh karena itu saya harapkan dengan adanya PSM Cup ini bisa melahirkan pemain-pemain dunia ke depan. Jadi mudah-mudahan dengan dimulainya PSM Cup ini akan berkembang menjadi semangat dan jiwa anak-anak muda untuk main bola," cetus dia.

Aksa Mahmud menjelaskan sepakbola sekarang ini merupakan salah satu masa depan yang menjanjikan. Pasalnya, olahraga si kulit bundar sudah masuk industri yang membuat pemain-pemain profesional punya nilai kontrak miliaran rupiah.

"Beda dengan dulu, kalau saya lihat banyak mantan profesional jatuh miskin. Tapi sekarang pemain bola sekarang ini sudah luar biasa ekonominya, sudah baik," papar Aksa.

Untuk menambah persaingan di PSM Cup, Aksa Mahmud juga berharap pemain-pemain PSM lainnya yang sudah pensiun mendirikan sekolah sepakbola, seperti klub milik legenda PSM Syamsul Haeruddin (Syamsul 08 Soccer School) dan Satrio Syam (Bassogi Soccer School).

Makan malam ini juga dihadiri Direktur Celebes Olahraga Indonesia (Celebes Sport) Andi Suruji, Direktur Filanesia Manajemen Arif Rijal, Direktur Bosowa Wisata Indonesia, Rama Juniar Saputra, dan Manajer PSM Makassar, Muhammad Nur Fajrin.

Disela-sela makan malam, Aksa Mahmud berkenalan dengan salah satu pemain incaran Akademi PSM yakni Muhammad Nur Maulana.

Nur Maulana yang memperkuat tim asal Ternate Tunas Palapa merupakan salah satu pemain yang bersinar di turnamen bergengsi tersebut.