Home > PSM

Bernardo Tavares Soroti Kinerja Wasit PSM vs PSS

Bernardo Tavares - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Wasit mengeluarkan enam kartu kuning pada laga PSM Makassar vs PSS Sleman di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare, Sabtu (14/1/2023). 

Pemain PSS mendapat 4 kartu. Sedangkan PSM mendapat dua masing-masing untuk Ramadhan Sananta dan pelatih Bernardo Tavares

Menurut Tavares, kepemimpinan wasit merugikan timnya. Ia kurang senang dengan beberapa keputusan Musthofa Umarella sebagai pengadil lapangan. 

"Alasan kedua yang membuat saya kurang bahagia adalah wasit. Kita menang tapi ini betul-betul memang harus disampaikan, bahwa mereka harus melihat dan menjalankan aturan-aturan dalam sepakbola dengan baik," katanya. 

Tavares menjelaskan beberapa momen yang dianggap perlu mendapat kartu namun wasit melihat berbeda. 

"Contoh nomor 6 (Jihad Ayoub) yang mana dia sudah mendapatkan kartu kuning di babak pertama, kemudian layak mendapatkan kartu kedua namun tidak diberikan," jelas Tavares. 

Ia juga protes terhadap wasit atas kartu kuning yang diberikan untuk dirinya dan Ramadhan Sananta. Tavares menyebut, seharusnya hal itu tidak terjadi. 

"Sananta di menit 67 tidak offside, kalian bisa lihat kembali dan dia mencetak gol namun wasit memberikan kartu kuning. Saya 18 game di sini sudah mendapatkan tiga kartu kuning, saya tidak mengerti," tambahnya. 

Pelatih asal Portugal itu berharap kepemimpinan wasit bisa lebih baik ke depan. Hal itu dibutuhkan agar pertandingan bisa berjalan tanpa ada yang dirugikan. 

"Ini menyedihkan dan harus ada perubahan terhadap hal-hal begini. Mereka harus dipastikan mengetahui dan menerapkan aturan dengan baik," tutupnya. 

Laporan: Wahyu Saputra