Home > PSM

Resmi, LIB Tunda Liga 1 2022/23 Selama 2 Pekan

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi menunda Liga 1 2022/23 selama dua pekan imbas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 suporter Arema FC pada Sabtu (1/10) lalu.

Penundaan itu sudah disampaikan PT LIB ke klub-klub peserta Liga 1 melalui surat pemberitahuan penundaan kompetisi bernomor : 583/LIB-KOM/X/2022.

Keputusan tersebut merujuk pada rapat koordinasi di Pendopo Kantor Bupati Malang yang dipimpin oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy yang dihadiri Menpora, Kapolri, Gubernur dan Kapolda Jawa Timur, serta Pangdam Brawijaya.

Dengan keputusan tersebut, maka sisa laga pekan  ke-11 dan pekan 12 akan ditunda sembari menunggu kebijakan otoritas pemerintah melalui PSSI.

Bukan hanya Liga 1, kompetisi kasta kedua Indonesia Liga 2 juga turut ditunda hingga dua pekan.


Diberitakan sebelumnya, PT LIB menghentikan Liga 1 2022/23 selama satu pekan setelah kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, usai laga Arema FC vs Persebaya, Sabtu malam.

"Keputusan tersebut kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan). Ini dilakukan untuk menghormati semua pihak, sambil menunggu proses investigasi dari PSSI," kata Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita di Jakarta, Minggu (2/10) dini hari.

LIB menyatakan kerusuhan di Stadion Kanjuruhan menyebabkan ratusan orang meninggal dunia. Selain itu, beberapa fasilitas di stadion berkapasitas 46.000 penonton tersebut juga rusak parah.