Home > PSM

Akademi PSM Siapkan Pemain Muda Berbakat untuk Bernardo Tavares

Peserta Talent Scouting chapter Luwu Timur, beberapa waktu lalu - (foto by @akademipsmmakassar/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - PSM Makassar di bawah arahan pelatih Bernardo Tavares serius membangun skuad berkelanjutan untuk menghadapi kompetisi kasta tertinggi Indonesia.

Skuad yang akan dibentuk untuk musim 2024/25 bakal diisi pemain-pemain muda yang punya potensi, dengan memanfaatkan Akademi PSM Makassar.

Bernardo Tavares pun telah memberikan kriteria-kriteria pemain yang akan dimasukkan dalam rencananya. Hal itu diungkapkan Direktur Akademi PSM, Febrianto Wijaya.

"Pelatih (Tavares) menitipkan, dia kasih kita TOR (term of reference) pemain, spesifikasi pemain yang dibutuhkan seperti ini. Tim teknik kami cari spesifikasi yang ada," ujar Febrianto, beberapa waktu lalu.

Dalam pencarian pemain berbakat, lanjut Febrianto, timnya menyasar sejumlah daerah yang punya history yang baik dengan PSM.

"Seperti misalnya Ternate, Ambon, Kalimantan, kita incar Jawa, kita juga membuka kepada daerah-daerah yang ingin potensi pemainnya ingin dilihat oleh akademi PSM. Akademi PSM kan ini cikal bakalnya akan menuju ke PSM dan Tim Nasional," jelas Febrianto.

Beberapa jebolan Akademi yang tembus ke tim nasional diantaranya Sulthan Zaky, Mufli Hidayat, Ananda Raehan, dan Dzaky Asraf.

Dalam penentuan pemain yang lolos untuk seleksi di tim senior, tegas Febrianto, pihaknya tak punya wewenang. Pemain yang akan mengikuti trial langsung dipilih Bernardo Tavares.

"Sekarang coach Bernardo punya 2 metode. Bernardo lihat video, jadi setiap pertandingan kita kirimkan videonya ke dia, dan dia akan pilih pemain, oh saya mau bawa ini nomor 9 atau 10 misalnya, untuk diliat di training," papar dia.

"Jadi dia langsung mem-pick up pemain melalui video dan mengirim talent scoting asistennya untuk melihat langsung di pertandingan, dia akan catat sendiri. Ini kesempatan buat pemain muda," tutup Febrianto.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama PSM, Sadikin Aksa menegaskan akan mendatangkan banyak pemain baru untuk musim 2023/24.

"(Pelatih Bernardo Tavares) akan banyak memanggil pemain baru," ujar Sadikin, Senin (6/5) malam.

Sadikin dan Tavares sepakat untuk membangun tim yang berkelanjutan dengan merekrut pemain-pemain muda dibanding pemain bintang.

Di bursa transfer awal musim 2024/25, lanjut Sadikin, Tavares sudah melirik beberapa pemain muda baik lokal maupun asing.