Home > PSM

Tragedi Kanjuruhan, Sadikin Aksa: Selalu Ada Hikmah di Balik Musibah

Sadikin Aksa - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Manajemen PSM Makassar sangat menyayangkan Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 129 orang usai laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

Direktur Utama PSM, Sadikin Aksa mengatakan Tragedi Kanjuruhan bukan hanya berdampak ke Pasukan Ramang, tapi berdampak juga ke industri sepakbola Indonesia.

"Industri sepakbola Indonesia lagi maju-majunya, malah banyak yang mengatakan ini jauh lebih bagus waktu jaman kejayaan kita waktu 2019. Jadi mungkin karena 2 tahun orang pandemi, baru lagi berhadapan dengan entertainment sepakbola," terang Sadikin di Makassar, Minggu (2/10).

Sadikin menambahkan selalu ada hikmah di balik sebuah musibah. Ia berharap hikmahnya untuk perbaikan sepakbola Indonesia ke depan.

"Kita lihat kerusuhan yang terjadi di beberapa negara dulu, semenjak ada kejadian pasti ada dampak yang jauh lebih bagus. Mungkin dari kita ambil positifnya, kita harapkan ini ada dampak yang bagus, walaupun kita juga menyayangkan apa yang terjadi, tapi kita mengharapkan ke depannya bisa jauh lebih bagus," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Ikin itu menilai tragedi Kanjuruhan menjadi catatan PSSI dan PT LIB untuk memperbaiki segi keamanan, agar penontin di stadion aman.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berduka atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 129 orang.

Jokowi pun memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 musim ini.

"Khusus kepada Kapolri saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Untuk itu saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," pinta Jokowi.