Home > PSM

Joop Gall : Pemain Muda PSM Harus Masuk 'Kandang Singa'

Prince Patrick Kallon - (foto by @psm_makassar/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pelatih kepala PSM Joop Gall memberikan kepercayaan kepada Prince Patrick Kallon tampil sebagai starter saat menang 2-1 atas Barito Putera di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (28/1/2022) malam.

Patrick Kallon bermain hingga menit ke-53. Ia ditarik keluar dan digantikan oleh Muh Rafly Asrul, yang juga merupakan salah satu wonderkid Tim Juku Eja.

Joop Gall menegaskan, pemain-pemain muda bertalenta PSM harus diberi menit bermain lebih banyak, agar tidak canggung mengeluarkan kemampuannya di laga-laga mendatang.

"Kallon adalah pemain yang punya talenta, sama juga dengan Rizky (Eka Pratama). Pemain-pemain muda seperti ini, ibaratnya, harus dimasukkan ke kandang singa, supaya mereka belajar bertarung. Mereka diinginkan untuk lebih berani mengeluarkan skill-skill mereka, agar mental mereka terasa," tegas Joop Gall, Jumat (28/1).

Untuk mendapatkan performa terbaiknya, lanjut Joop Gall, mereka butuh proses. Intinya, mereka harus tampil spartan di atas lapangan.

"Untuk sekarang skill mereka masih dibatasi dengan menit bermain. Di lapangan, mereka itu harus jadi petarung, bukan naif atau sopan sama lawan," ujar eks asisten pelatih Guangzhou City FC itu.

Pemain-pemain yang sudah punya pengalaman seperti Yakob Sayuri, Ilham Udin Armaiyn, dan Ferdinand Sinaga harus membantu talenta muda Pasukan Ramang ke depannya.

"Dari segi teknik Kallon cukup bagus. Namun, dia harus belajar kapan menggunakan tekniknya dan melakukan kombinasi untuk mencari solusi dari masalahnya di dalam lapangan," tutup juru taktik berusia 58 tahun itu.

Perlu diketahui, Prince Patrick Kallon merupakan putra dari Musa Kallon, mantan pemain PSM periode 1995-1997, dan juga keponakan legenda Inter Milan, Mohamed Kallon.

Jebolan Akademi PSM itu dipromosikan ke skuat utama pada awal musim ini. Kala itu, Pasukan Ramang ditukangi pelatih asal Bosnia, Milomir Seslija.

Penyerang berusia 19 tahun itu menandai debutnya bersama PSM saat melawan Persik pada pekan ke-20 Liga 1 2021/22 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (18/1) lalu.