Home > PSM

Menarik, Babak Semifinal dan Final PSM NC 2024 Didominasi Tim Luar Makassar

Star Soccer (tosca) vs Kasta Bantaeng (navi-hijau) dalam babak final PSM NC U-10, Minggu (7/7/2024)- (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Turnamen berskala nasional, PSM National Championship U-10 dan U-12 sukses terselenggara selama 4 hari, di stadion FIK UNM, Banta-Bantaeng, Makassar. Minggu (07/7/2024). 

Turnamen ini digelar sejak Kamis (04/7) hingga Minggu (07/7), diikuti oleh berbagai tim sepakbola dari berbagai daerah hingga luar pulau Sulawesi. Seperti Tidore, Ternate, Kendari, Kalimantan Timur, bahkan Papua. 

Sebanyak 24 tim U-10 dan 28 tim U-12 bertarung memperebutkan gelar juara di gelaran turnamen bertajuk PSM NC ini. 

Uniknya, babak semifinal bahkan didominasi oleh tim dari luar Kota Makassar. Tim asal Gowa, Enrekang, Bantaeng, dan Kendari tampak mendominasi di babak semifinal. 

Dibabak semifinal 2 dari 3 tim asal Makassar, yaitu SSB Tamalanrea 21 BTP (U-12) dan Elementary United (U-10) harus tersingkir dan gagal menuju ke babak final. 

Keduanya harus berpuas diri dan legowo berada di peringkat ke-4 usai di labrak di babak perebutan juara 3 oleh tim Star Soccer Kendari (U-12) dan Erut Enrekang (U-10). 

Sementara itu babak final (U-10 dan U-12), kembali didominasi oleh tim dari luar Makassar, yaitu Syech Yusuf Gowa (U-12), Kasta Bantaeng (U-10) dan Star Soccer Kendari (U-10), sedangkan tim dari asal Makassar tersisa satu tim di babak final yaitu SSB Tamalanrea 21 BTP (U-12). 

Keempat tim U-10 dan U-12 begitu sengit bertarung menampilkan permainan dan taktik terbaiknya untuk memperebutkan gelar juara PSM National Championship 2024.

Diakhir pertandingan kategori U-12 berhasil di menangkan oleh tim asal Kabupaten Gowa yaitu SSB Syech Yusuf. Prestasi tersebut diraih usai menaklukkan tim asal Makassar, SSB Bangau Putra di babak Final. 

Sementara itu di pertandingan kategori U-10, tim asal kota Kendari, SSB Star Soccer dan Kasta Bantaeng bersaing untuk memperebutkan gelar juara, namun diakhir pertandingan gelar tersebut berhasil direbut oleh tim Kasta Bantaeng. 

Selain penghargaan tim didominasi oleh tim dari luar Makassar, tampak hal yang sama juga terjadi di penghargaan individu, 6 penghargaan berhasil diraih oleh 3 dari tim asal kota Kendari yaitu Star Soccer, 2 penghargaan individu diraih oleh Kasta Bantaeng, dan 1 penghargaan individu diraih oleh SSB Syech Yusuf Gowa. 

Pelatih Syech Yusuf Gowa, Junaidi Syam mengaku bahagia dapat mengantarkan tim nya meraih gelar juara di PSM National Championship untuk kategori U-12.

Pasalnya timnya bertahun-tahun mengikuti gelaran turnamen Filanesia Management namun baru ditahun 2024 ini timnya berhasil pecah rekor, setelah sebelumnya berkali-kali gagal meraih gelar juara. 

Alhamudillah bertahun-tahun di pegelaran filanesia PSM National Championship 2024 akhirnya kita bisa juara 1 usia 12. Kita sudah siapkan memang ini turnamen jadi kita siapkan sebelum liga PSM bergulir, Harapan saya di liga PSM ini semoga bisa membuat bibit-bibit unggul bisa menjadi pemain profesional, " Ucap Pelatih SSB Syech Yusuf Gowa, Junaidi Syam. 

Sementara itu, perasaan Haru bercampur bahagia juga di rasakan oleh Manajer tim asal kota Kendari, Desi Triandriani. Prestasi yang diraih kedua timnya di U-10 dan U-12 tak pernah ia sangka. 

Jauh datang dari Kota Kendari, namun perjalanan jauh yang ditempuh untuk mewakili daerahnya berbuah manis di turnamen berskala nasional ini, 19 anak yang diboyong berhasil mengharumkan nama daerah nya. 

"Tidak pernah sangka kalau anak-anak yang saya bawa kesini, bisa sampe semifinal bahkan sampai Final, karena kita cuman dari kampung kasihan, jadi kalau berbicara masalah kualitas pasti lebih diatas SSB yang ada di Makassar, tapi alhamdulillah pencapaian yang luar biasa hari ini kita dapatkan, terutama yang U-10 itu baru pertama kali keluar bertanding sampai makassar mas, " ujar Manager Star Soccer Kendari, Desi Triandriani.

Laporan : Riski