Home > PSM

Cerita Reza Arya : Dikeluarkan dari Sekolah Karena Gabung PSM

Reza Arya Pratama - (foto by @psm_makassar/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kiper utama PSM Makassar, Reza Arya Pratama mengungkapkan banyak yang mengira ia orang asli Parepare, padahal ia lahir dan besar di Kota Makassar.

Reza menjelaskan awal mula meniti karir sebagai pesepakbola profesional di Parepare. Kala itu, ia yang masih berusia 15 tahun ikut ibunya yang bekerja di kota cinta tersebut.

Saat aktif berlatih di salah satu Sekolah Sepakbola (SSB) di Parepare, Reza mendapat kabar dari rekannya bahwa ada seorang pelatih dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang mencari kiper.

"Namanya coach Budiarjo Thalib. Dia ngobrol lah sama saya habis itu dia nyampein ke orangtua, mau nggak anaknya di sekolahin di sekolah PPLP. Ya udah Ibu saya bilang enggak apa-apa, yang jelas dia di sana baik-baik latihan," ujar Reza dikutip dari kanal YouTube LIB TV, Senin (3/4).

Reza pun bergabung dan berlatih sepakbola di PPLP pada 2016. Namun setahun kemudian, ia memutuskan hengkang dan bergabung ke PSM U-18.

Pemain berusia 22 tahun itu juga mengungkapkan sebelum menjadi kiper, ia sempat bermain di posisi gelandang sejak berlatih di SSB.

"Tapi pas itu hari Liga Danone yang Aqua itu kan, klub saya enggak ada kiper dan kebetulan postur saya menjanjikan. Ya udah pelatih suruh saya menjadi kiper dan sampai sekarang jadi kiper," beber Reza tertawa.

Meski sempat kesulitan di bawah mistar gawang, tapi Reza terus mengasah kemampuannya hingga berhasil menjadi salah satu kiper terbaik di Liga 1 2022/23.

"Pas awal-awal kan belum tahu tekniknya, tapi lama-lama dilatih ya senang lah jadi kiper. Apalagi dulu saya berpikir kalau di Sulsel itu kurang kiper, kalau posisi lain seperti belakang (bek), gelandang, striker kan sudah banyak," ucap Reza.

Reza juga mengenang saat dikeluarkan dari sekolah PPLP karena lebih memilih PSM U-19. Kala itu, ia bersama Rizky Eka dan Aji Kurniawan lolos seleksi untuk memperkuat Pasukan Ramang di kompetisi usia dini atau Elite Pro Academy (EPA).

"Pengurus PPLP ini tanya ya udah kamu pilih mana mau PSM atau PPLP, kebetulan itu hari PPLP ada pertandingan juga kejuaraan nasional di Riau. Saya berunding sama teman-teman, gimana ini kita main di PSM atau di PPLP," tuturnya.

"Teman-teman saya bilang ya udah kita di PSM aja. PSM kan udah klub profesional. Habis itu kita ke kantor Dispora menghadap, kami di sana bicara ke pengurus (PPLP) kami mau main di PSM aja, terus responnya kami dikeluarkan dari PPLP," lanjut Reza.

Reza diketahui promosi ke skuad utama PSM pada musim 2018/19, kala itu Tim Juku Eja ditukangi pelatih asal Bosnia Herzegovina, Darije Kalezic.

Kiper berpostur 188 cm itu baru tampil reguler di musim ini. Di bawah arahan pelatih Bernardo Tavares, Reza Arya tak tergantikan sepanjang musim ini.

Reza berkontribusi besar atas juara Liga 1 2022/23 yang diraih PSM Makassar.

Dari 32 pertandingan yang dilakoni, Reza hanya kebobolan 24 gol dan membukukan 13 cleansheet dari 2.880 menit bermain.