Home > PSM

Mantan Paspampres Jadi Wasit Laga Persikabo vs PSM

Sance Lawita - (Dok Asprov PSSI Sulut)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sance Lawita, wasit asal Sulawesi Utara ditunjuk menjadi pengadil lapangan untuk laga Persikabo 1973 vs PSM Makassar di pekan ke-29 Liga 1 2022/23.

Sebelum menjadi wasit, Sance merupakan mantan anggota Pasukan Pengawalan Presiden (Paspampres) pada 2012 hingga 2018. Sebelumnya, ia bertugas di Divisi 1 Kostrad Batalyon Linud 432.

Sance yang mengantongi lisensi FIFA itu tercatat sudah memimpin tujuh pertandingan di kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim ini.

Ia dianggap sebagai salah satu wasit yang tegas. Dikutip dari laman LIB, Sance telah mengeluarkan 37 kartu kuning dan 2 merah dari 7 laga di musim ini.

Wasit kelahiran 13 Februari 1989 itu pernah memimpin laga PSM saat melawan Bali United yang berakhir 2-2 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (20/1) lalu.

Namun, Sance menimbulkan kontroversi setelah dianggap salah mengambil keputusan saat laga Borneo FC vs Persebaya, Jumat (19/8/2022).

Ia dianggap keliru karena mengabaikan pelanggaran keras pemain Borneo FC, Kei Hirose kepada bek Persebaya, Koko Ari.

Imbas kejadian itu, Sance dihukum PSSI dan dilarang memimpin selama delapan pertandingan. Ia pun harus menepi hingga pekan 16 Liga 1 2022/23.

Perangkat Pertandingan Persikabo vs PSM

Wasit : Sance Lawita

Asisten Wasit 1 : Dedi Saputra

Asisten Wasit 2 : Sulaiman Simatupang

Asisten Wasit Tambahan 1 : Erfan Efendi

Asisten Wasit Tambahan 2 : Bardan Landihae

Cadangan Wasit : Julhamudin

Pengawas Pertandingan : Mathys Rugebregt