Home > PSM

Aparat Keamanan Parepare Monitor Suporter Lewat Media Sosial

Apel pengamanan laga PSM di Stadion BJ Habibie, Parepare, beberapa waktu lalu - (Dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Parepare - Aparat keamanan Kota Parepare, pihak kepolisian maupun TNI memantau percakapan dan pergerakan suporter melalui media sosial. 

Baik sebelum, maupun selama pertandingan, hingga selesainya pertandingan dan masyarakat kembali ke rumah atau daerah masing-masing. 

Tujuannya, tidak lain kecuali untuk memastikan bahwa masyarakat selamat, aman, dan nyaman menyaksikan pertandingan sepakbola setiap kali klub kebanggaannya PSM Makassar menjamu tim lawan di Kota Parepare.

Penegasan itu diutarakan Kapolrestabes Parepare, AKBP Andiko Wicaksono bersama Komandan Kodim 1405/Parepare Letkol Kav Agung Wirakusuma Eka Putra dalam percakapan dengan CELEBESMEDIA.ID, usai pertandingan PSM melawan Persib Bandung, Senin malam (29/8/2022).

Dalam pertandingan Senin malam itu, di hadapan sekitar 15 ribu penonton yang heroik, PSM Makassar membantai Persib Bandung 5-1.

"Melalui media sosial pun kami memantau supprter dan masyarakat pada umumnya. Kami mengantisipasi jika ada oknum yang coba melanggar keamanan, ketertiban umum, dan kenyamanan bersama menyaksikan pertandingan," ujar Andiko yang dibenarkan Agung.

"Kami satu komando. Pernyataan Pak Kapolres jadi arah, kamu supporting," ujar Agung membenarkan. 

Sejauh ini, sesuai hasil evaluasi keamanan, menurut Andiko, suporter semakin tertib. Upaya-upaya pengamanan pun demikian, semakin baik. 

Dia mengakui, pada awalnya aparat keamanan cukup kerja keras manangani massa yang begitu besar jumlahnya. Datang dan pergi dalam waktu beberapa jam saja, dengan karakteristik yang berbeda dari pergerakan massa lainnya. 

"Tetapi sejauh ini berjalan lancar semua berkat kerjasama dan pengertian semua pihak, terutama masyarakat," kata Andiko. 

Kapolres menjelaskan, aparat keamanan bahkan sesekali melakukan pemeriksaan fisik atau penggeledahan, baik di sekitar stadion, di dalam kota maupun di perbatasan kota, untuk memastikan mereka yang datang ke Parepare semata-mata untuk menikmati pertandingan. 

Atau sekadar jalan-jalan, wisata, menikmati kuliner-kuliner khas Parepare. Bukan untuk tujuan lainnya, apalagi yang berniat mengganggu keamanan dan ketertiban umum. 

"Tadi ada ujaran yang agak provokatif di media sosial, ya kita monitor. Juga ada yang anggota temukan oknum membawa badik, ya kita amankan," katanya. 

Kapolres mengimbau masyarakat, terutama suporter yang datang dari jauh, agar senantiasa meluruskan niatnya, datang ke Parepare semata-mata untuk menikmati pertandingan. Menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, orang lain atau pihak lain seperti PSM sendiri.

Demikian pula yang dari jauh, baik pada saat datang maupun waktu pulang usai pertandingan, Kapolres mengimbau agar senantiasa memperhatikan keselamatan dan keamanan dirinya.

"Seperti malam ini pertandingan berakhir tengah malam, tentu fisik agak letih sementara mereka juga mau pulang ke daerahnya. Utamakan keselamatan dan keamanan diri dan orang lain," harap Andiko.