Home > PSM

Pawai Juara PSM di CPI, Suporter: Ewako!

Suasana pawao juara PSM di CPI Makassar, Senin (17/4) - foto by Akbar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ribuan suporter memadati area Center Point of Indonesia (CPI), Senin (17/4) sore.

Sebelum tiba di CPI, rombongan suporter bersama pemain PSM bergerak dari titik kumpul awal di Fly Over, lalu melintas di Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Gunung Bawakaraeng kemudian ke Jalan Jenderal sudirman, lalu belok ke Jalan Haji Bau dan finish di CPI Jalan Metro Tanjung Bunga.

Suporter yang mengenakan jersey PSM menjadikan CPI berwarna merah. Gerimis selama pawai juara berlangsung juga tidak menyurutkan semangat para suporter

"Ewako PSM... Ewako PSM... lalalala... lalalala.. ooo.. ooo," teriak seorang suporter yang disambut dengan sahutan suporter lainnya dengan kata-kata yang sama.

"Ewako... PSM Juara," ucap suporter lainnya.

Menurut Kamus Populer Inggris-Makassar, Indonesia-Makassar, kata "Ewako" merupakan terjemahan dari kata berani dalam bahasa Indonesia dan brave dalam bahasa Inggris. 

Secara harfiah Ewako dimaknai sebagai ajakan untuk berani berjuang atau dapat disepadankan dengan kata-kata seperti Ayo Lawan, Ayo Berjuang, Berani!

Kata yang sesuai menggambarkan perjuangan PSM selama 23 tahun hingga akhirnya berhasil meraih juara Liga 1.

Para suporter larut dalam euforia kemenangan PSM Makassar dengan melakukan sejumlah atraksi di CPI. Diantaranya, menembakkan petasan ke udara. Sesekali, mereka juga menyanyikan anthem PSM.

Selama proses konvoi dari fly over hingga tiba di CPI, mereka di kawal ketat oleh aparat keamanan.

Sebelumnya diberitakan PSM juga melakukan pawai juara PSM di Parepare usai laga melawan Borneo FC, Senin (17/4) dini hari.