Home > PSM

Bernardo Tavares Ungkap 3 Kunci Performa Apik PSM

Bernardo Tavares - (foto by @psm_makassar/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares membeberkan tiga faktor skuadnya tampil inpresif di tiga pekan awal Liga 1 2024/25.

Seperti diketahui, PSM meraih tiga kemenangan beruntun di awal musim ini. Mereka mengalahkan Persis Solo (3-0), PSBS Biak (2-1), dan Dewa United (3-1).

Ini menjadi catatan sempurna di awal musim dengan memperoleh 9 poin dan meramaikan persaingan di papan atas klasemen. 

Pencapaian ini bisa dibilang cukup mengejutkan. Karena pada bursa transfer lalu Tim Juku Eja banyak ditinggal pilar penting, seperti Kenzo Nambu hingga duo Sayuri.

Faktor pertama performa apik PSM yakni Yuran Fernandes, dkk. mampu menyesuaikan permainan di lapangan Stadion Batakan yang kurang bagus.

“Tidak mudah bagi pemain memainkan bola bawah dengan kondisi lapangan seperti ini. Kita memang harus memanfaatkan keuntungan yang ada,” ujar pelatih asal Portugal itu.

“Kita juga bicarakan kalau pemain memainkan permainan sesuai dengan kondisi lapangan dan di samping itu shot on goal dan target lebih banyak dari mereka,” imbuhnya.

Selain faktor adaptasi dengan kondisi lapangan, pelatih berlisensi UEFA Pro itu menyebut keberhasilan kedua karena perubahan yang diterapkan saat PSM menghadapi situasi buntu.

Pemain pun mampu menerjemahkan dengan baik perubahan instruksi yang disampaikan ketika turun minum.

“Setiap jeda babak kita harus perhatikan kondisi kelanjutan pemain di babak pertama. Kita evaluasi juga hal-hal yang seharusnya tidak kita lakukan di babak pertama dan harus dihindari di babak kedua,” ujar Bernardo Tavares.

Untuk itu ia berharap Pasukan Ramang dapat terus mempertahankan raihan positif ini. Pemain harus tetap rendah hati dan kerja keras, jika tim ingin musim ini meraih hasil bagus, mengumpulkan poin demi poin menjalani laga selanjutnya.

"Di sini saya coba membangun keluarga baru. Kita harus melihat pertandingan-pertandingan yang sudah dimenangkan dan apa saja yang bisa ditingkatkan kembali," ucap pelatih terbaik Liga 1 2022/23 lalu.

Faktor terakhir yang menjadi keberuntungan tim berjuluk Juku Eja itu adalah dukungan penuh suporter. Ia mengatakan beratnya lawan yang dihadapi akan terasa berbeda saat kedatangan suporter di stadion. 

Pemain mendapatkan suntikan motivasi yang sangat berharga untuk berjuang. 

“Saya berharap mereka tetap datang ke stadion untuk memberikan semangat tambahan kepada pemain,” harap Tavares.

“Saya tahu juga mereka memberikan pengorbanan dengan datang ke stadion. Pemain akan sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaik apabila ada suporter datang sejak pemanasan,” pungkasnya.

Sumber: LIB