Home > PSM

Wonderkid PSM Idolakan Firza Andika

Edgard Amping - (foto by instagram/@edgard11_)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Salah satu wonderkid PSM Makassar, Edgard Amping ternyata mengidolakan rekan setimnya.

Bek sayap Tim Juku Eja, Firza Andika dan punggawa Barcelona FC, Jordi Alba merupakan pemain idola Edgard Amping.

"Saya mengidolakan Firza Andika sama Jordi Alba," ungkap Edgard kepada CELEBESMEDIA.ID, Sabtu (24/10/2020).

Diketahui, Edgard yang merupakan jebolan Garuda Select itu promosi ke skuat senior dari Akademi PSM pada musim ini. Ia terpilih bersama 4 pemain muda lainnya yakni Rafli, Renaldi, Patrick dan Farhan.

Sebelum berseragam PSM, Edgard menimba ilmu di Sekolah Sepakbola (SSB) Mitra Manakarra sejak usia 11 tahun. Kemudian lolos seleksi dan bergabung ke Akademi PSM pada 2018 lalu.

Bek kelahiran Mamuju, 9 Juni 2003 itu membela PSM pada Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 musim 2018 dan 2019.

"Kalau rintangan paling saat seleksi, mulai dari seleksi masuk ke Akademi sampai seleksi masuk ke senior itu susah dan benar-benar butuh perjuangan yang besar," bebernya.

Banyak pengalaman yang tak terlupakan dalam perjalanan karirnya hingga menembus tim senior PSM. Salah satunya saat berlatih di Inggris dalam program Garuda Select.

"Waktu berada di sana saya bisa berlatih dengan pelatih hebat di Inggris, bisa berhadapan dengan klub-klub Inggris, dan bisa merasakan bermain di Eropa seperti apa. Menurut saya itu benar-benar pengalaman yang sangat berharga dan tak terlupakan," kenang pemain berpostur 172 cm itu.

Edgard tak tergantikan di tim Garuda Select. Ia mencatatkan tiga assist dengan 1487 menit bermain, dan total jarak tempuh 121,45 km atau sekitar 8,67 km per pertandingan.

Pada 2018 lalu, ia juga pernah menjadi bagian dari Timnas Pelajar U-15, mengikuti Turnamen Internasional Youth Football Tournament di China, dan berhasil menjadi juara ke 2. Edgard bahkan masuk dalam starting eleven pemain terbaik di turnamen tersebut.

Tags : PSM Makassar