Home > PSM

PSM Wakili Klub Liga 1 Terima Sertifikat #DukungDariRumah

Budiman Dalimunthe dan Media Officer PSM, Sulaiman Karim - (foto by ANTARA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengapresiasi suporter 18 klub yang turut menyukseskan Liga 1 2021/2022 dengan mendukung tim kesayangannya dari rumah.

Pemberian apresiasi itu ditunjukkan dengan penyerahan sertifikat kepada 18 klub Liga secara daring pada acara Markas Suporter: Apresiasi Suporter #Dukung Dari Rumah, Kamis (14/4/2022).

Diberitakan ANTARA, penyerahan sertifikat dilakukan Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe kepada pengurus suporter PSM Makassar yang mewakili suporter 18 klub Liga 1 yang juga hadir secara online.

"Kami mengapresiasi suporter yang mampu menjaga marwah dan bekerja sama membuat sepak bola di Indonesia menjadi lebih baik," kata Budiman.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan keberhasilan Liga 1 2021/2022 dan Liga 2 2021 tidak lepas dari peran aktif suporter.

Para suporter mematuhi dan menahan diri di rumah namun  tetap memberikan dukungan tanpa mendatangi stadion.

Pada pertandingan terakhir Liga 1 2021/2022 sempat ada wacana penonton boleh hadir di stadion, tetapi Iriawan mengapresiasi sikap suporter Bali United yang tetap menonton dari rumah sebagai bentuk solidaritas kepada suporter lain.

"Terima kasih kepada para suporter yang telah memberikan dukungan agar kompetisi bisa kembali berjalan dengan lancar," kata Iriawan.

Apresiasi sama disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang menyebut suporter Indonesia taat aturan dan bisa menjaga ketertiban.

"Suporter patuh untuk tidak datang ke stadion, patuh untuk tidak berkerumun di sekitar stadion, dan patuh juga untuk tidak nobar (nonton bareng)," kata Amali.

Padahal dia mengakui ketidakhadiran suporter memang membuat seperti ada sesuatu yang besar di stadion.

"Saya sampai tanya pemain bagaimana situasi bertanding tidak ada suporter. 'Pak, kehadiran suporter menyemangati kami', jawabnya. Ya, kalau tidak ada (suporter), semangat berkurang," kata dia.

Namun, dia mengapresiasinya karena Liga 1 2021/2022 berlangsung sukses.