Home > PSM

Joop Gall Ungkap Trik PSM Kalahkan Barito Putera

Pemain PSM Makassar - (foto by Ligaindonesiabaru.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pelatih PSM Joop Gall membeberkan kunci kemenangan timnya atas Barito Putera 2-1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (28/1/2022) malam.

Juru taktik asal Belanda itu mengungkapkan ia bukan pelatih tipikal agresif di bench. Tapi ia rela melakukannya agar para pemainnya tampil konsisten saat bertanding.

“Dengan situasi sekarang, dengan kondisi seperti saat ini, maka saya selalu banyak coaching di bagian teknikal area untuk memastikan para pemain mengikuti lawan-lawannya,” ujar Joop Gall usai pertandingan.

“Kami bisa mencetak (gol) lebih banyak lagi dengan peluang-peluang yang ada, seperti peluang Ilham (Udin Armaiyn) dan Wiljan (Pluim). Namun kemenangan 2-1 ini cukup untuk kami,” tambahnya.

Mantan asisten pelatih Guangzhou City ini optimis Pasukan Ramang bisa tampil lebih baik lagi ke depannya, sekaligus memperbaiki posisi PSM di klasemen sementara musim ini.

“Tiga poin ini memberikan kita semangat baru dan kepercayaan diri baru. Di papan klasemen kami bisa melihat lagi ke atas, posisi mana yang bisa kami naiki,” ujar peracik strategi berusia 58 tahun itu.

Joop Gall juga memuji penampilan seluruh pemainnya yang tak kenal lelah, meski masih membuat beberapa kesalahan saat menguasai bola.

“Saya sangat senang dengan semangat dan kerja keras pemain, kadang apa yang mereka lalukan tidak bagus, namun semangat dan kerja keras itu selalu terlihat dalam pertandingan malam ini,” cetusnya.

Untuk mengalahkan Barito Putera, Joop Gall menggunakan trik seolah-olah memainkan strategi serangan balik dengan menurunkan pemain-pemain yang memiliki kecepatan, seperti Yakob Sayuri, Ilham Udin Armaiyn dan Patrick Kallon. Padahal, Pasukan Ramang tampil agresif dan menguasai ball possesion.

“Kami menggunakan dua winger cepat dan juga Ilham yang beroperasi di penyerang tengah. Kami mencoba mengarahkan bola ke Wiljan (untuk mengatur serangan), agar mengoptimalkan kecepatan winger kami,” ungkap Joop Gall.

“Pada saat menguasai bola, kami punya space di lini tengah, dan dari situ kami bisa menjalankan strategi dengan baik. Kami mencoba menerapkan taktik tersebut dan saya senang karena itu berfungsi dengan baik,” bebernya lagi.

Diberitakan sebelumnya, PSM berhasil mengalahkan Barito Putera dengan skor tipis 2-1 lewat gol Yakob Sayuri (12’) dan Wiljan Pluim (22’). Sedangkan gol balasan Laskar Antasari dibukukan Rafael Silva (26’). Atas hasil ini, PSM naik ke peringkat 9 dengan 27 poin dari 21 laga, sedangkan Barito Putera makin terpuruk di zona degradasi.