Home > PSM

Ini Penjelasan Kapolres Parepare Soal Izin Penonton PSM vs RANS

Kapolres Parepare, Andiko Wicaksono - (foto by Wahyu)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono mengatakan izin penonton laga PSM Makassar vs RANS Nusantara di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH), belum keluar.

Dihubungi CELEBESMEDIA.ID, Jumat (27/1/2023) pagi, Andiko menjelaskan pihaknya masih koordinasi serta menunggu keputusan dari Mabes Polri.

“Nanti kita lihat izinnya seperti apa. Apakah bisa dihadiri penonton atau kembali digelar tanpa penonton. Kami sedang usahakan, semoga hari ini ada kabar,” jelas Andiko.

Kapasitas Stadion GBH Parepare setelah diverifikasi ulang, lanjut Andiko, hanya berkapasitas 8 ribu penonton karena tidak single seat.

“Jika izinnya bisa dihadiri penonton, maka dilihat lagi berapa persen yang diputuskan dari 8 ribu tersebut bisa hadir,” tambahnya.

Laga PSM vs RANS pada pekan ke-21 Liga 1 2022/23 akan digelar di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Senin (30/1) sore.

Diberitakan sebelumnya, PSM menjamu PSS Sleman di Stadion GBH Parepare, Jumat (13/1), tanpa dihadiri penonton.

AKBP Andiko menjelaskan Stadion GBH belum memenuhi regulasi keamanan, seperti akses keluar masuk stadion yang dianggap masih rawan untuk keselamatan penonton.

"Yang paling krusial adalah GBH belum memilki akses keluar masuk yang representatif. Jika mengacu pada regulasi akses keluar masuk antar suporter, official dan pemain tidak boleh sama karena disitulah kerawanan biasa timbul," lanjut Andiko.

Sebelumnya, Kementerian PUPR dan Polri telah melakukan audit langsung di Stadion GBH. Hasil dari audit tersebut secara umum sudah baik, namun masih meninggalkan catatan.