Home > PSM

Pernyataan Sikap PSM Atas Tindakan Rasisme Terhadap Patrich Wanggai

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Penyerang PSM Makassar Patrich Wanggai diserang komentar bernada rasis di Instagram.

Hal itu dialami pemain asal Nabire tersebut setelah membawa PSM menang 2-0 atas Persija pada laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin malam (22/3/2021).

Banyak pihak yang mengecam rasisme terhadap Wanggai. Berbagai dukungan pun dialamatkan kepada eks pemain Persipura itu di media sosial. Salah satunya akun Twitter @MediaClubID.

Sedangkan manajemen PSM pun bersurat ke PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait rasisme terhadap Patrich Wanggai. Selain itu, Laskar Phinisi juga mengeluarkan pernyataan sikap anti rasisme yang ditanda tangani oleh Chief Executive Officer (CEO) PSM, Munafri Arifuddin.

Berikut pernyataan sikap anti rasisme PSM:

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas hubungan dan kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini. Semoga Bapak / Ibu dan seluruh staff PSSI selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kami, PSM Makassar baru saja memulai langkah awal di turnamen sepakbola Piala Menpora dengan kemenangan 2-0 atas Persija Jakarta. Pertandingan tersebut memang menyedot banyak sekali perhatian tidak hanya di Makassar namun di seluruh Indonesia.

Suka cita kami yang seharusnya juga menjadi kebahagiaan seluruh pecinta sepak bola karena turnamen ini adalah permulaan yang baik bagi perkembangan sepakbola Indonesia yang setahun lebih tak berdenyut dikarenakan pandemi menjadi tercoreng dengan tindakan segelintir orang yang ‘menyerang’ secara pribadi pemain kami Patrich Wanggai (akun instagram @wanggaipatrich), dengan komentar bernada kasar, mengejek dan rasis.

Tindakan tersebut tak dapat diterima oleh akal sehat juga merendahkan martabat kita semua, pelaku sepakbola Indonesia tanpa terkecuali dan tentu saja tidak berada dalam koridor kesopanan dan jauh dari kesan saling menghargai sesama manusia.

Kami sangat menyayangkan adanya tindakan rasisme tersebut dan kami, dalam kesempatan kali ini, dengan tegas menyatakan berdiri bersama Patrich Wanggai, dengan semangat yang sama & menentang apapun bentuk rasisme dalam sepakbola Indonesia yang sama-sama kita cintai.

Sikap kami ini tak lain adalah untuk mencoba berkontribusi untuk kemajuan sepakbola Indonesia, semoga federasi sepakbola nasional (PSSI) segera merespon hal ini demi terciptanya kondisi saling menghormati bagi siapapun.

Demikian penyampaian dan pernyataan kami, atas perhatian dan dukungannya kami ucapkan banyak terima kasih.