Bawaslu Makassar Imbau KPU Teliti Input Data ke Situng

Bawaslu - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemungutan suara Pemilu 2019 telah usai digelar. Kini tahapan pemilu memasuki tahapan rekapitulasi suara di tingkat PPK kecamatan.

Komisioner Bawaslu Makassar, Zulfikarnain mengimbau KPU untuk lebih teliti dalam menghitung dan menginput hasil pemungutan suara ke dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Pasalnya, publik mengawasi seluruh tahapan pemilu.

Menurut Zulfikarnain, apapun bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh oknum penyelenggara pemilu pasti akan diketahui. Pasalnya, Bawaslu memegang formulir hasil perhitungan suara atau C1.

Zulfikarnain - (foto by Mardianto)

“Bila ada masyarakat yang menemukan adanya indikasi pelanggaran, sekiranya untuk melaporkan ke Bawaslu sebagai lembaga resmi yang mengawasi jalannya pemilu,” tegas Zulfikarnain kepada CELEBESMEDIA.ID, Sabtu (20/4/2019).

Pasca pemungutan suara 17 April lalu, Bawaslu Makassar sudah menerima dua laporan dari warga terkait penggunaan nama pelapor oleh orang tak dikenal saat pemungutan suara. Alhasil, pelapor tak dapat menyalurkan hak pilihnya. Kini dua laporan tersebut tengah didalami Bawaslu Makassar.