KPU Makassar Data Daftar Pemilih Tetap di Lapas

Kepala Lapas Klas 1 Makassar, Budi Sarwono saat menerima kunjungan KPU Makassar - (foto by Teti)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Makassar, Selasa (8/1/2019) siang. Kunjungan ini untuk mendata daftar pemilih tetap (dpt) warga binaan Lapas, guna memastikan warga binaan mendapatkan hak pilihnya dalam pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Makasaar, Farid Wajdi mengatakan upaya ini dilakukan mengingat pihaknya tengah melakukan penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK), dimana warga binaan yang belum terdaftar di DPT akan dimasukkan ke DPK.

“Jika nantinya ada warga binaan terdaftar DPT di daerah lain atau luar Makassar dan tidak memungkinkan untuk memilih di sana, sehingga dilembagakan hak pilihnya melalui daftar pemilih tambahan, sementara yang sama sekali belum terdaftar di DPT maka dimasukkan ke DPK,” kata Farid Wajdi kepada CELEBESMEDIA.ID.

Sementara itu Kepala Lapas Klas 1 Makassar, Budi Sarwono mengaku siap membantu segala yang dibutuhkan KPU Makassar dalam kelancaran pemilu 2019. “Saya harap dari 978 jumlah warga binaan lapas, 99 persen diantaranya turut andil menyalurkan hak pilihnya,” cetusnya.

Budi mengakui saat ini sejumlah warga binaan telah melakukan perekaman KTP-el. Ia menginginkan dalam perekaman ini digolongkan dalam tiga klaster yakni warga binaan Makassar, Sulsel dan warga di luar Sulsel.