Bawaslu Sulsel Akan Periksa Saksi Pelapor Video Camat pada Pekan Depan

15 Camat diperiksa di Bawaslu Sulsel - (foto by Arbab)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan telah memeriksa 15 orang Camat di Kota Makassar yang diduga terlibat mendukung pasangan calon Presiden Republik Indonesia Jokowi-Ma'ruf.

Dugaan keterlibatan para Camat tersebut diketahui melalui beredarnya video para Camat bersama mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang menyampaikan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf.

Komisioner Bawaslu Sulsel Azry Yusuf yang dikofirmasi melalui telepon selularnya menyampaikan jika pihaknya telah memeriksa para camat, namun pihaknya belum dapat mengeluarkan rekomendasi dari pemeriksaan tersebut. “Kami masih harus menganalisa dan mengkaji keterangan dari para Camat terkait video itu,” ujar Azry.

Dengan begitu, Bawaslu belum dapat memastikan aksi para Camat itu sebagai bentuk kampanye atau bukan. Selain itu, rencananya Bawaslu akan mengagendakan pemeriksaan saksi dari pelapor pada Senin pekan depan.

Terkait dengan sanksi yang akan dijatuhkan kepada para Camat jika terbukti melakukan tindakan kampanye, Azry mengaku pihaknya tidak dalam kapasitas menetapkan sanksi bagi aparatur pemerintah tersebut, melainkan hasil pemeriksaan nanti akan diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu.