Disebut Capres di Musra II, Danny Tersipu Malu

Moh Ramdhan Pomanto hadir dalam Musra II di Makassar, Sabtu (12/11/2022) - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ribuan peserta menghadiri Musyawarah Rakyat (Musra) II di Makassar yang di helat oleh gabungan relawan Joko Widodo (Jokowi) di Celebes Convention Center (CCC), Sabtu (12/11/2022).

Dalam kegiatan ini, masyarakat yang hadir juga diminta menyebutkan siapa saja kriteria calon presiden yang dinilai cocok menggantikan Jokowi.

Ada 5 nama calon presiden (capres) yang disebut oleh peserta Musra II mereka adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno hingga Walikota Makasar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto  juga disebut. Bahkan kebanyak mereka menyebut Danny Pomanta yang merupakan calon ideal pemimpin dari wilayah Timur Indonesia.

Meski demikian nama-nama yang capres yang dipilih di Musra II ini sbelum diketahui hasilnya. Sebab hasil evotingnya baru akan diumumkan pada Senin (14/11/2022).

Menanggapi namanya disebut sebagai salah satu capres, Danny Pamanto mengaku tersipu malu ketika beberapa peserta Musra II ikut menyebut namanya sebagai salah satu kandidat Capres 2024 mendatang.

"Saya sebenarnya agak malu-malu hati sebenarnya artinya apa tong kodong saya ini. Tapi namanya suara rakyat suara anak lorong," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini Danny mengaku hadir di Musra II bukan sebagai Walikota Makassar melainnya kapasitasnya hanya

Dewan Pengarah Musra Sulsel.

Sementara itu, Musra II kali ini pun batal dihadiri Presiden Jokowi. Padahal sebelumnya Musra II yang dijadwalkan digelar pada 2 Oktober lalu juga ditunda karena Jokowi berhalangan hadir.

Meski digelar tanpa kehadiran Jokowi ribuan peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka datang dengan mengenakan pakaian kaos dan kemeja putih. Mayoritas yang hadir merupakan emak-emak.

"Musra ini memberikan ruang sebesar-besarnya bagi rakyat, bagi masyarakat tentang bagaimana harapannya, agenda kebangsaan dan juga siapa tokoh harapan mereka yang akan memimpin Indonesia kedepan," ucap Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi.

"Kita akan umumkan di Jakarta paling lambat hari Senin kita akan umumkan hasil rekapitulasi Musra II Makassar ini," kata Budi Arie Setiadi.

Dalam musra ini, ada tiga panelis yang dihadirkan, di antaranya Dr Adi Suryadi Culla, Dr Chaerul Amir, dan Achmar Nur Harun Ar Rasyid. Mereka berbicara dengan topik agenda kebangsaan dan program prioritas harapan rakyat, karakteristik kepemimpinan harapan rakyat, nama-nama capres dan cawapres harapan rakyat.

Saat kegiatan berlangsung beberapa peserta diminta untuk menceritakan permasalahan yang ada di Sulsel.

Beberapa warga menyebutkan persoalan yang masih terjadi di Sulsel khususnya di Kota Makassar diantaranya persoalan biaya kesehatan dinilai masih memberatkan masyarakat miskin.

Ada juga yang menyebutkan tentang maraknya mafia tanah di hingga persoalan lahan pertanian yang telah berkurang di Kota Makassar.

Laporan : Darsil Yahya