Taqyuddin Djabbar Siap Tumbangkan Istri Taufan Pawe di Musda Golkar Parepare

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mantan rival Taufan Pawe di Pilwali Parepare 2013 lalu, Taqiyuddin Djabbar ikut bertarung memperebutkan kursi Ketua DPD II Golkar Parepare

Mantan Ketua PMI Parepare ini bakal head to head dengan istri Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe, Erna Rasyid Taufan dalam Musyawarah Daerah (Musda) X Pareapre yang akan digelar pada Jumat (10/12/2021).

Tahapan fit and proper test pun telah dilalui keduanya di Kantor DPD I Golkar Sulsel, Jalan Amanagappa Makassar, Rabu (8/12). Kedua calon ketua ini diuji langsung oleh Taufan Pawe dan beberapa panelis dari unsur elit Golkar Sulsel.

Secara prinsip, Taqyudin cukup percaya diri bisa menumbangkan istri Taufan Pawe. Ia datang dengan membawa visi akan mengembalikan marwah partai Beringin Rimbun itu.

"Motivasinya satu. Kita ingin melihat, partai Golkar ini menjadi partai yang besar, partai yang disenangi banyak orang, dan partai yang menjadi tumpuan dan harapan banyak orang," kata Mantan Wakil Bendahara DPD I Partai Golkar Sulsel, Taqyuddin.

Loyalitas sebagai kader juga menjadi alasan bagi Taqyuddin maju bertarung memperebutkan kursi Ketua Golkar Parepare. Ia tak ingin, KKN di tubuh Golkar Parepare menghancurkan reputasi nama besar Golkar.

"Di pikiran saya begini. Sederhana. Kalau misalnya ibu Taufan maju sebagai kandidat. Bagaimana pendapat orang, seorang Ketua DPD I melantik istrinya menjadi Ketua DPD II. Apakah ada kejadian seperti itu di Indonesia?," lanjut TQ, sapaan Taqyuddin.

Taqyuddin ingin, Golkar Sulsel tidak boleh terpecah-pecah. Ia meyakini, suara Golkar di Sulsel akan merosot bila Taufan Pawe mengakomodir istrinya sebagai Ketua DPD II.

"Kita tidak mau, orang-orang ini menghapus jejak perjuangan senior-senior Golkar asal Sulsel yang kini berkiprah di nasional," sebutnya.

Jika nasib baik berpihak padanya pada Musda Golkar Parepare, Taqyuddin punya rencana politik tersendiri. Ia ingin memperkuat kelompok-kelompok milenial dan perempuan. Selain itu, ia juga menargetkan 9 kursi di DPRD Parepare.

"Saya menganggap bahwa Golkar sekarang memang pemenang. Tapi, disamping pemenang dia juga bisa menambah kursi. Insya Allah, saya berikhtiar untuk 9 kursi," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe menyebut, poin penting dari fit and proper dalam penjaringan ini adalah menggali potensi calon yang bersangkutan dalam membesarkan Golkar.

"Dari 23 DPD II yang dilakukan Musda, sudah jelas semangatnya bahwa mereka semangat untuk Airlangga di 2024 sebagai presiden," tuturnya.

Ia berharap, siapapun yang menduduki Ketua DPD I Partai Golkar Parepare dapat membawa Golkar makin baik. 

"Disana itu mampu mendudukan Ketua DPRD nya Golkar, Walikotanya Golkar, Wakil Walikotanya Golkar, jadi saya mau lebih dari itu," tandasnya.

Sebagai informasi, saat ini Taqyuddin adalah Manajer Fleet Departement Kalla Toyota. Ia juga sebagai Ketua Ketua Dewan Pakar ICMI Parepare 2020-2025.

Di DPD Golkar Sulsel pada periode 2015-2020, ia duduk sebagai Wakil Bendahara Partai. Ia baru saja melepas jabatannya sebagai Ketua Palang Merah Indonesia Parepare.

Ia juga pernah duduk sebagai Wakil Ketua Kadin Sulsel bidang Koperasi, UKM, BUMN dan sekarang sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Kadin Sulsel.

Adapun rivalnya, Erna Rasyid Taufan merupakan petahana Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare.