JK Dukung Cawe-cawe Jokowi, tapi Ingatkan Batasan

Jusuf Kalla - (foto by Tim Media JK)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) merespon pernyataan Presiden Joko Widodo yang akan cawe-cawe dalam Pemilu 2024 mendatang.

Menurut JK, jika memang cawe-cawe yang dimaksud untuk pelaksanaan demokrasi yang baik serta pemilu yang jujur dan adil, maka itu perlu didukung.

"Yang saya baca itu untuk melaksanakan dan menjaga demokrasi dengan baik dan pelaksaan pemilu yang jujur dan adil. Jika cawe-cawe itu sesuai yang dijelaskan, maka itu sangat bagus dan kita dukung itu," tegas JK kepada wartawan usai menghadiri Halal Bihalal Alumni Marsela di Gedung Krida Bhakti Setneg, Selasa (30/5/2023).

JK yang juga Ketua Umum PMI menambahkan jika masing-masing sudah mengerti tentang batasan cawe-cawe, seperti pemerintah yang tidak campur dalam pelaksanaan pemilu serta aparat yang tidak boleh ikut campur karena sebagai wasit.

"Seperti itu yang kita harapkan bisa berjalan dan tentu saja yang kita dukung," tambah JK.

Terkait keterlanjutan kebijakan strategis dari pemerintah lama ke pemerintah baru, JK menegaskan jika itu harus tetap berlanjut. Namun masing-masing pemimpin atau pemerintah memiliki cara berbeda menerapkan setiap kebijakan yang ada.

Bagi JK, setiap pemimpin memiliki tujuan yang sama dalam menjalankan pemerintahan. Seperti pembangunan jalan yang tetap berjalan dan industri yang harus berjalan serta sektor lainnya. Hal itu, setiap pemerintah tentu saja memiliki tujuan yang sama. 

"Tapi yang membedakan masing-masing pemimpin adalah cara. karena tentu pertanyaannya adalah sesuai kebutuhan. Seperti pembangunan infrastruktur yang mana yang dibutuhkan serta mana yang lebih efisien serta sesuai dengan kita," ujar Mantan Ketua Umum Golkar tersebut.