200 Brimob Polda Sulsel Amankan Kongres PAN di Sultra

Persiapan pengamanan kongres PAN oleh Brimob Polda Sulsel di Kendari - (hanodver)

CELEBESMEDIA.ID, Kendari – Sebanyak dua SSK (Satuan Setingkat Kompi) atau setara dengan 200 personil Brimob Polda Sulsel diperbantukan ke Polda Sultra untuk mengamankan pelaksanaan Kongres Nasional Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Claro, Jl. Edi Sabara, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pada hari kedua Selasa (11/2/20) hari ini, para brimob BKO (Bantuan Kendali Operasi) Polda Sulsel mulai persiapan pengamanan sejak pukul 02.00 WITA dini hari tadi yang dipimpin langsung Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, S.Sos.

“Persiapan pengamanan ini dilaksanakan lebih awal agar pelaksanakan kongres ini berjalan dengan  aman dan lancar serta peserta kongres dapat merasa nyaman,” ucap Kompol Nur Ichsan.

Khusus untuk Brimob Sulawesi Selatan mendapatkan tiga titik lokasi pengamanan yaitu pengamananan ring dalam sebanyak dua Satuan Setingkat Peleton (SST) di Hotela Claro dipimpin oleh Iptu Suwaji, dua SST di Hotel Kubra untuk pengamanan ring luar bagian barat dipimpin oleh AKP Laode Rusli dan dua SST di Hotel Same untuk pengamanan ring luar bagian timur dipimpin Iptu Suhardi.


Untuk personel yang melaksanakan pengamanan di Hotel Claro bertugas menyekat sisi kanan dan kiri hotel, khususnya pintu-pintu yang menuju Ballroom Phinisi yang menjadi tempat Kongres.

“Jadi akses ini steril dari pengunjung dan  peserta tidak dibenarkan melewati sisi kanan dan kiri untuk memasuki lokasi,  hanya peserta yamg memiliki ID Card yang diizinkan masuk di lokasi itupun harus melalui pintu utama,” ucap Danyon C.

Kemudian Personel yang melaksanakan pengamanan di Hotel Same akan bertugas menyekat dari sisi timur apabila ada eskalasi pergerakan massa jika terjadi aksi demo, begitu pula halnya dengan personel yang melaksanakan pengamanan di Hotel Kubra dengan menyekat dari sisi barat.

Sebelum melaksanakan pengamanan Kongres Ke V Partai PAN, seluruh personel Brimob Polda Sulsel BKO Polda Sultra menyempatkan diri melakukan ibadah pembacaan Asmaul Husnah dan meminta doa agar kegiatan ini berjalan aman dan lancar sehingga situasi tetap kondusif sampai hari terakhir pelaksanakan Kongres yaitu pada tanggal (12/2/2020).