Bursa Balon Bupati Maros Didominasi Kalangan Politisi

Pilkada Serentak - (grafis by Manado Line)

CELEBESMEDIA.ID, Maros - Kontestasi politik Kabupaten Maros tahun 2020 akan diramaikan Bakal Calon (Balon) Bupati dari berbagai kalangan, mulai politisi, birokrat, akademisi, hingga pengusaha.

Meski pelaksanaan Pilkada belum memasuki tahapan kampanye, dan masih dalam tahap penjaringan dan pendaftaran di partai politik, namun sejumlah Balon Bupati mulai aktif  melakukan sosialisasi ke masyarakat, dengan menebar baliho dan spanduk di berbagai sudut Kota Maros hingga daerah pelosok pedesaan.

Dari Pantauan CELEBESMEDIA.ID, kalangan politisi yang aktif mensosialisasikan dirinya sebagai Balon Bupati, yakni Wakil Bupati Maros Andi Harmil Mattotorang (Ketua Nasdem Maros) Wakil Ketua DPRD Maros Chaidir Syam (PAN), adik Ipar Bupati Maros Hatta Rahman, Suhartina Buhari (PAN), anggota DPRD Sulsel Irfan AB (PAN), Politisi Hanura Wawan Mattaliu, dan belakangan muncul nama politisi PKB sekaligus anggota DPRD Maros, Havid S Pasha.

Sementara dari kalangan birokrat sendiri, muncul nama Andi Ilham Nadjamuddin, dan Kabag Humas Pemprov Sulsel, Devo Khaddafi. Di kalangan akademisi, muncul satu nama yang mencuat, yakni Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Prof Yusran Jusuf.

Sembilan nama kandidat Balon Bupati Maros tersebut merupakan yang aktif melakukan sosialisasi di masyarakat berdasarkan hasil penelusuran CELEBESMEDIA.ID. Jumlah ini belum termasuk Balon Bupati lainnya yang telah mendaftar di partai politik, namun belum melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Pelaksanaan Pilkada Maros yang tak lagi diikuti petahana Hatta Rahman, membuat seluruh Balon Bupati memiliki peluang yang sama untuk memenangkan dan menduduki kursi 01 di Bumi Butta Salewangang tersebut.