Usai Dilantik, 456 Petugas Pemilu di Makassar Diminta Jaga Integritas

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 456 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 se-Kota Makassar resmi dilantik di Hotel Four Points by Sheraton Makassar pada Selasa, (24/1/2023).

456 PPS berasal dari 153 Kelurahan di 15 kecamatan Kota Makassar. Mereka dilantik oleh Ketua KPU Kota Makassar, Faridl Wajdi.

Komisioner KPU Kota Makassar Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Endang Sari mengatakan harusnya ada 459 orang yang dilantik hari ini. Namun ada kekurangan 3 orang.

“Ada tiga orang yang terkendala, karena kesehatan belum bisa gabung, dan juga ada dua kelurahan yang belum cukup jumlahnya. Kita sudah lakukan dua kali, tetapi kemarin tidak datang saat wawancara sehingga hanya dua yang bisa kita tetapkan,” kata Endang.

“Akan ada mekanisme kita ikuti, prosedurnya sudah diatur dalam petunjuk teknis,” lanjut Endang saat ditanya terkait dua orang kuota yang masih tersisa tersebut.

Sebagai bagian dari penyelenggara pemilu, Endang menjelaskan terdapat tiga tugas utama yang harus dilakukan para Panitia Pemungutan Suara (PPS) tersebut.

“Melayani pemilih menggunakan hak pilihnya, memberikan perlakuan yang sama bagi seluruh peserta pemilu dan menjaga kemurnian suara mulai dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ditetapkan sebagai hasil,” katanya.

Sementara itu, untuk mencegah anggota PPS yang berafiliasi dengan partai politik, Endang mengatakan bahwa KPU Kota Makassar telah melakukan berbagai upaya yang terbaik sesuai prosedur dengan mengedepankan transparansi dan integritas.

“Kita sudah melewati serangkaian prosedur dan ini ikhtiar terbaik yang kami sudah lakukan dari KPU Kota Makassar baik dari proses yang sudah cukup panjang kita lewati mulai dari tahap pendaftaran di Siakba secara online, verifikasi administrasi, kemudian kita melakukan seleksi tertulis by CAT, kemudian kita melakukan tes wawancara dan kemudian kita buka tanggapan masyarakat, kita klarifikasi, kemudian kita tetapkan hari ini,” jelas Endang.

“Jadi, alur prosedur dari proses perekrutan ini saya kira cukup bisa teruji oleh publik, sudah bisa dilihat bahwa beginilah transparansi dari alur prosedur yang dilewati oleh KPU Makassar sebelum menentukan 459 orang yang dilantik,” lanjutnya.

Pelantikan PPS tersebut juga disaksikan langsung oleh perwakilan Forkopimda, Kepala Badan Kesbangpol Makassar, Polrestabes Makassar, Babinsa Makassar, Kejari Makassar, sejumlah camat di Kota Makassar, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Makassar.

Laporan : Fitri Khaerunnisa