Sah, Andi Ina Kartika Ketua Defenitif DPRD Sulsel

Nurdin Halid umumkan Ketua defenitif DPRD Sulsel dalam Ngopi di Warkop BM Sebelas, Makassar, Rabu (9/10/2019) - (foto by Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Selatan mengumumkan Ketua defenitif DPRD Sulsel, dalam Ngopi Bersama Ketua DPD I Golkar Sulsel, Andi Nurdin Halid, di Warkop BM Sebelas, Jalan Bonto Mangape, Makassar, Rabu (9/10/2019).

"Sabtu tanggal 5 Oktober, Ketua Umum memutuskan dan menyampaikan ke saya dan menetapkan Andi Ina Kartika sebagai Ketua DPRD," Jelasnya dalam sambutannya di hadapan media, anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sulsel, dan sejumlah pengurus DPD I Golkar Sulsel.

Menurutnya, keputusan DPP tersebut berdasarkan hasil assesmen tujuh nama yang diserahkan oleh Tim Seleksi Pimpinan DPRD dari DPD I Golkar Sulsel ke DPP.

Keputusan tersebut juga diakui NH sapaan Nurdin Halid, sebagai bentuk menyangkali isu adanya tarik menarik dan transaksional terkait keputusan Golkar untuk posisi Ketua DPRD Sulsel.

"Di Golkar itu ada mekanismenya untuk mengeluarkan keputusan sehingga tidak ada kata terlambat, karena ada sistem dan mekanisme partai termasuk penentuan Ketua DPRD," tegasnya.

NH menambahkan, pihaknya tidak mengetahui pasti alasan DPP memutuskan Ina Kartika sebagai Ketua DPRD, namun baginya secara subjektif karena Ina merupakan satu-satunya calon ketua perempuan dan secara objektif Ina memenuhi persyaratan untuk dipilih sebagai Ketua DPRD.

"Secara persyaratan Andi Ina seratus persen memenuhi persyaratan, pendidikan S2 syarat pendidikan minimal S1, Incumbent, tidak cacat hukum," ungkapnya.

Sementara terkait dengan syarat jumlah perolehan suara tertinggi, NH mengungkapkan jumlah suara tertinggi di Fraksi Golkar yakni Sofyan Syam. Tapi aturan terkait dengan perolehan suara tertinggi sudah diralat oleh DPP dan tidak lagi menjadi syarat utama penentuan Pimpinan DPRD.