Nasdem Resmi Usung Anies Baswedan sebagai Capres di Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat tiba di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Anies tiba menjelang pengumuman nama capres yang akan diusung oleh Partai NasDem - (foto by ANTARA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

"Nasdem melihat sosok Anies Baswedan, kami mempunyai keyakinan, pikiran-pikiran perspekktif baik secara makro maupun mikro sejalan dengan apa yang kami yakini," ujar Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat deklarasi di DPP Partai Nasdem di Jakarta yang disirakan secara daring, Senin (3/10/2022).

"Insya Allah jika Bapak Anies terpilih menjadi presiden, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa lebih bermatartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter," lanjut Surya Paloh.

Sejak awal, Anies telah menjadi salah satu yang direkomendasikan sebagai bakal capres hasil Rakernas Nasdem pada Juni 2022. Selain Anies, ada Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Saat ini Anies masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir jabatannya pada pertengahan Oktober 2022.

Diketahui sebelum ditetapkan sebagai Capres usungan NasdemAnies Baswedan tiba di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin pagi..

Mengutip Kantor Berita Nasional ANTARA, Anies tiba di NasDem Tower sekitar pukul 09.27 WIB yang disambut oleh Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa III Sugeng Suparwoto.

Dalam laman Wikipedia, dicantumkan Anies Baswedan merupakan pria kelahiran 7 Mei 1969 dengan segudang gelar akademik. Dia menjabat Gubernur DKI sejak 16 Oktober 2017, menggantikan posisi Djarot Saiful Hidayat.

Pada 27 Oktober 2014, ia diberikan mandat oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di dalam kabinetnya.

Masa tugasnya sebagai menteri berakhir ketika Jokowi menunjuk Muhadjir Effendy sebagai pengganti Anies pada 27 Juli 2016.

Selain itu, Anies adalah cucu dari pahlawan nasional Abdurrahman Baswedan.