Kampanye Kreatif Appi-Rahman di Medsos, Dari Vlog Hingga Tiktok

Akun youtube Appi - Rahman - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pasangan calon Wali kota dan wakil Wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) tak hanya berkampanye dengan tatap muka pada pemilihan wali kota 2020 ini.

Namun pasangan nomor urut dua itu juga banyak memanfaatkan media sosial sebagai wadah menyampaikan programnya.

Di era perkembangan teknologi dan informasi saat ini sudah tentu media sosial di jagat maya menjadi "senjata" ampuh untuk menyampaikan informasi yang bisa menjangkau masyarakat selaku audiens.

Apalagi di masa pandemi Covid-19, KPU sebagai penyelenggara Pemilu juga menelurkan berbagai peraturan yang ketat terkait kampanye tatap muka langsung.

Pembatasan jumlah warga yang mengikuti kampanye dialogis diberlakukan dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Setiap paslon dilarang berkampanye dengan menggelar kegiatan sosial, olahraga dan hiburan seperti konser musik.

Olehnya itu Paslon Appi-Rahman mentaktisi dengan memanfaatkan betul media sosial sebagai sarana yang tepat untuk berkampanye.

Berbagai program kreatif dihadirkan mulai dari Vlog yang secara berkala ditayangkan di akun youtube official Appi-Rahman.

Menggandeng sejumlah influencer, Appi-Rahman menghadirkan Vlog yang dikemas dengan menarik dan tentu memuat berbagai sisi lain paslon hingga programnya.

Hingga yang paling booming yakni pendukung Appi-Rahman ramai-ramai memanfaatkan aplikasi Tiktok.

Dalam beberapa hari sejak memasuki masa kampanye, berbagai kalangan dan latar belakang pendukung Appi-Rahman ramai membuat tiktok 'dua jari' sebagai simbol nomor urut dua Appi-Rahman.

Goyang dua jari ini selanjutnya disebar luaskan melalui akun media sosial masing-masing pendukungnya, baik di instagram maupun facebook.

Juru bicara Millenial Appi-Rahman, Gemintang Kejora Mallarangeng, mengatakan bahwa cara-cara kampanye kreatif memang menjadi konsen dari Appi-Rahman ini.

Terlebih menurutnya berdasarkan data Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Pilwali Makassar 2020, pemilih sementara berusia antara 21 tahun-30 tahun atau pemilih millenial terbanyak.

Angkanya mencapai 218.813 orang atau 24,31 persen dari total DPS yang ada, dimana laki-laki sebanyak 110.687 orang dan perempuan 108.126 orang.

"Sementara dengan keterbatasan kegiatan kampanye tatap muka sekarang kan memang dibutuhkan kreatifitas agar sosialisasi program tetap harus massif. Sehingga media sosial menjadi tempat yang paling tepat apalagi pengguna medsos itu rata-rata kelompok millenial," katanya, Rabu (30/9/2020).

Sementara itu pengamat Politik Universitas Bosowa, Arif Wicaksono, menilai langkah yang diambil pasangan Appi-Rahman dengan memperbanyak konten-konten kreatif adalah bentuk kemajuan dan contoh baik dalam berdemokrasi.

Tak hanya memperbanyak konten di media sosial untuk menjangkau pemilih, Arif juga mengatakan bahwa pasangan Appi-Rahman juga memberikan contoh terkait kampanye yang mengutamakan keselamatan di masa pandemi Covid-19.

"Pasangan ini saya pikir sudah berpikir dan bertindak satu langkah lebih maju. Fokus pada penanggulangan Covid-19 dengan membentuk Duta Sehat itu bahkan ada wisma isolasi gratis. Strategi menggaet simpatik masyarakat juga gencar dilakukan di media sosial dengan berbagai platform juga menjadi nilai plus bagi pasangan ini," terangnya.

Tags : appi rahman