Ketua TGUPP: Program Balon Walikota Makassar Harus Sinkron dengan Program Pemprov Sulsel

Prof Yusran Yusuf

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulawesi Selatan, Prof Yusran Yusuf, mengungkapkan, dalam mengatasi persoalan yang ada di Kota Makassar, maka program dari para bakal calon walikota 2020 sinkron dengan program pemerintah provinsi Sulsel.

Prof Yusran menjelaskan, ada sejumlah persoalan yang harus menjadi prioritas walikota ke depannya, seperti persoalan pengangguran, kemacetan, dan banjir.

“Untuk mengatasi hal itu, program dari bakal calon walikota Makassar harus bisa disinkronkan dengan peorgam Pemerintah Provinsi. Sehingga pembangunan dan peningkatan kesejahteraan dalam visi misi gubernur Sulsel dalam menjalankan pemerintahan bisa diterapkan oleh Walikota mendatang,” katanya.

Salah satu balon Walikota Makassar yang memiliki konsep yang sejalan dengan program pemprov Sulsel adalah Munafri Arifuddin. Ia menilai, visi dan misi CEO PSM Makassar itu layak untuk diterapkan di pemerintahan karena sejalan dengan program percepatan pembangunan yang dicanangkan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Prof Yusran mencontohkan, dalam menangani pengangguran, konsep Pak Appi, sapaan Munafri, adalah mengembangkan program creative hub. “Ini sesuai dengan konsep Gubernur, penanganannya adalah dengan mengembangkan entrepreneurship," ucapnya.

Ia menambahkan, Makassar membutuhkan pemimpin yang berwawasan entrepreneurship dan milineal dan harus memiliki visi kuat. Sehingga Makassar tidak sekedar menjadi pintu gerbang Indonesia Timur, tapi tempat persinggahan atau pusat perekonomian kawasan timur Indonesia.