Pilwali 2020, KPU Makassar Atur Jadwal Pendaftaran Bapaslon Sesuai Bukti Administrasi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Saat ini ada 4 Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang masuk surat permohonannya menyampaikan jadwal kedatangan mendaftar di KPU Makassar pada hari pertama, yakni 4 September 2020.

Dengan keadaan seperti ini, tentu sulit mengabulkan jadwal yang diminta bapaslon karena waktunya yang sangat berdekatan.

KPU Makassar akan memutuskan dan mengatur jadwal pendaftaran dan kedatangan bapaslon dengan mengacu pada:

1. Bukti administrasi, dalam hal ini surat yang duluan masuk akan jadi pertimbangan untuk didahulukan.

2. Dari hasil 2 kali simulasi pendaftaran yang dilakukan, waktu yang dibutuhkan rata-rata 2 jam 30 menit. Belum termasuk waktu untuk melakukan sterilisasi ruangan setelah bapaslon pulang.

Dengan gambaran seperti ini, perlu rentang waktu yang cukup antara kepulangan satu bapaslon dengan kedatangan bapaslon lainnya.

3. Protokoler covid mewajibkan tak ada kerumunan, yang menyebabkan tidak adanya jarak minimal 1 meter antar orang per orang. Rentang waktu pendaftaran dan kedatangan yang berdekatan, antara bapaslon satu dengan bapaslon lainnya potensial terjadinya penumpukan dan kerumunan.

4. Hasil koordinasi KPU Makassar dengan pihak keamanan, upaya untuk menghindarkan bertemunya dua kelompok massa dari bapaslon yang berbeda, harus dimaksimalkan. Dengan rentang waktu pendaftaran yang berdekatan, kemungkinan untuk bertemunya dua massa dari bapaslon yang berbeda sangat besar.

KPU Makassar akan mengatur dan mengumumkan jadwal pendaftaran  bapaslon pada rakor yang menghadirkan LO parpol, Kepolisian, TNI, Bawaslu, dan Satgas Covid.