Sekum KONI Sulsel Mengaku Tak Tahu Ada Pengalihan Dana ke Dispora

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pada tahun 2019, Pemerintah Provinsi Sulsel dipastikan tidak lagi mengalokasikan anggaran yang bersumber dari dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel. Anggaran KONI tersebut akan dialokasikan langsung ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel.

Menanggapi hal tersebut,  Sekertaris Umum KONI Sulsel Dr. Ad'dien M Kes menjelaskan bahwa pihaknya tidak tahu menahu soal itu. "Kami belum dapat info dari sana (Pemprov Sulsel, red)," ungkap Ad'dien, Rabu (12/12/2018). Kepada tim CELEBESMEDIA.ID yang menemuinya di ruang kerjanya, Ad’dien menambahkan, "Kalaupun itu terjadi,” katanya, “Kami hanya ikut pada peraturan."

Ad'dien melanjutkan, pihak KONI akan selalu mengikuti kemauan Pemprov Sulsel sepanjang mempunyai dasar dan masih mengikuti aturan dan perundang-undangan yang ada. "Kami percaya segala sesuatu yang dilakukan Pak Gubernur (Gubernur Sulsel, red), itulah yang terbaik," katanya.

Tahun sebelumnya, KONI Sulsel mendapat kucuran dana dari Pemprov sebesar Rp. 30 miliar per tahun. Di tahun 2019 nanti, kucuran dana tersebut akan diambil alih Dispora. "Terkait info ini, kami belum tahu persis berapa jumlah (dana Hibah, red) yang akan diambil alih Dispora, karena kami tahu info ini dari media juga, jadi saya belum bisa menyimpulkan, " tuturnya.

Lebih jauh, Ad'dien menegaskan bahwa KONI hanyalah nirlaba pembantu gubernur yang melahirkan atlet cabang olahraga,  bukan bisnis. "Jadi soal untung atau rugi kami tidak ada masalah, "akunya.

Sebelumnya, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Dispora Sulsel,  DR. H Muhlis MM mengatakan, tidak teralokasinya dana hibah untuk KONI di tahun 2019 merupakan hasil pembahasan dengan Badan Anggaran Sulsel dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Muhlis menegaskan, tak ada tarik menarik anggaran antara Dispora Sulsel dan KONI Sulsel. "Ini semuanya kebijakan penganggaran oleh Pemprov Sulsel bersama DPRD Sulsel. kita (Dispora dan KONI, red) tetap sama-sama melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," terangnya.

Tags :