PSSI Minta PT LIB Susun Kembali Jadwal Pertandingan Liga 1 2020

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 resmi ditunda selama dua pekan karena meluasnya persebaran virus corona.

Iriawan pun meminta operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyusun kembali jadwal pertandingan dan hal yang bersifat teknis serta admintratif agar dikoordinasikan dengan manager Liga 1 dan Liga 2.

Hal ini diungkapkan Iriawan pada pertemuan antara PSSI, PT LIB dan perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin malam (16/3/2020).

“Setelah berkoordinasi dengan Menpora, PT LIB, dan Exco pada hari Sabtu lalu kami putuskan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 yang sudah terjadwal minimal ditunda dua pekan sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran Virus Corona,” kata Iriawan.

“Selain itu kami juga tunda kompetisi futsal, sepak bola putri dan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Khusus Timnas U-16 hari ini kami percepat pemusatan latihan mereka dan langsung kami pulangkan seluruh pemain serta ofisial,” tambahnya.

“Juga untuk membuat assesment risiko dan rencana mitigasi atas jalannya liga setelah dua pekan ke depan. PSSI akan memberikan asistensi teknis kepada PT LIB untuk melakukan kajian bersama dengan liga-liga internasional lainnya, khususnya Asia Tenggara terhadap kebijakan yang akan diambil secara global,” jelas pria yang akrab disapa ‘Iwan Bule’ itu.

Dilansir CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi PSSI, PSSI juga akan membantu LIB untuk melakukan kajian cost, manajemen risiko di masing-masing klub dalam kondisi terburuk usai dua pekan penghentian sementara kompetisi.

Saat ini kompetisi Liga 1 2020 telah memasuki pekan ketiga yang sementara menempatkan Persib Bandung sebagai pemuncak klasemen dengan mengemas sembilan poin. Sementara itu, Liga 2 2020 baru saja melakukan kick off laga perdana pada Sabtu (14/3) dan Minggu (15/3) kemarin.