Virus Corona Mewabah, MotoGP 2020 di Qatar dan Thailand Resmi Ditunda

Valentino Rossi dan pembalap MotoGP adu kecepatan di lintasan / foto: int

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Dorna selaku organisasi penyelenggara balapan MotoGP membatalkan dua seri awal MotoGP 2020. Pembatalan ini imbas dari mewabahnya Virus Corona.

Melihat jadwal, balapan MotoGP 2020 sejatinya dimulai di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret mendatang. Namun pemerintah Qatar memberlakukan pembatasan kunjungan bagi para warga yang berasal dari negara-negara yang warga negaranya telah dijangkit virus corona, salah satunya Italia.

Di Italia dilaporkan sudah mendapat 1.128 kasus penyakit mematikan itu hingga pekan lalu.

Sementara, pembalap dan staf dari Italia terbilang cukup banyak.  Ada Valentino Rossi, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, dan Franco Morbidelli. Mereka belum boleh berkunjung ke Qatar untuk saat ini atau harus dikarantina selama 14 hari.

Seri kedua akan digelar di Thailand pada 22 Maret nanti. Itu pun batal setelah Pemerintah Thailand memutuskan menunda balapan di tanggal tersebut.

Dorna masih mencari peluang untuk jadwal alternatif bagi kedua seri tersebut. MotoGP Thailand sendiri disebut bakal dijadwal ulang pada bulan September mendatang.

Dengan demikian balapan motor besar ini akan dimulai dari Amerika Serikat. Jika tidak ada rintangan, MotoGP AS bakal digelar pada 5 April nanti di Circuit of America, Texas.

Pembatalan dua seri pertama MotoGP ini disayangkan para pembalap, termasuk Valentino Rossi. Pembalap asal Italia ini merasal pembatalan itu merugikan dirinya dan pebalap lainnya.

"Ini benar-benar berita buruk. Sangat menyedihkan... Setelah berlatih di musim dingin kami siap untuk memulai musim, baik secara fisik mau pun mental. Selepas tes di Qatar saya sungguh-sungguh ingin memulai balapan perdana," kata The Doctor yang dikutip detik.com dari Crash.

Menurutnya, pembatalan kelas primer MotoGP di Qatar adalah berita yang sulit diterima, apalagi buat para penggemar. Para pembalap tidak tahu seberapa lama lagi harus menunggu agar bisa kembali ke lintasan balap.

"Ini jelas waktu yang lama, mengingat GP berikutnya di Thailand juga diundur untuk semua kelas. Saya harap segalanya semakin membaik di minggu-minggu mendatang," ungkap Rossi.