Presiden FIFA Dukung ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Apriani . 02-11-2019, 21:35
Presiden FIFA, Gianni Infantino (ANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun/wsj)

CELBESMEDIA.ID, Bangkok – Induk organisasi sepakboa dunia, FIFA, menjalin kerja sama dengan ASEAN. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA dilakukan di sela-sela KTT Ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019).

MoU ditandatagani langsun Presiden FIFA, Gianni Infantino, bersama Sekjen ASEAN, Dato Lim Jock Hoi, dan disaksikan sejumlah utusan negara.

Presiden Joko Widodo (kanan) hadir langsung dalam KTT ASEAN ke-35 di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019).


Presiden Joko Widodo (kanan) bersama sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN berfoto dengan kaos sepak bola bertuliskan namanya masing-masing pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA di sela-sela KTT-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019) / foto: Antara


Proses penawatan untuk menjadi tuan ruman Piala Dunia memnag belum dimulai. Namun, beberapa tawaran awal untuk Piala Dunia FIFA 2034 telah diusulkan.

Tawaran pertama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 telah diusulkan secara kolektif oleh anggota ASEAN pada tahun 2011. Namun, Malaysia menarik diri dari keterlibatan pada 2017. Tetapi Singapura dan negara-negara ASEAN lainnya melanjutkan kampanye untuk mengajukan tawaran bersama untuk Piala Dunia pada tahun 2034.

Saat itu, Joko Driyono mengatakan bahwa Indonesia dan Thailand akan memimpin sebuah konsorsium negara-negara Asia Tenggara dalam penawaran tersebut. Driyono menambahkan bahwa karena pertimbangan geografis dan infrastruktur dan format yang diperluas (48 tim), setidaknya 2 atau 3 negara ASEAN digabungkan akan berada dalam posisi yang diperlukan untuk menjadi tuan rumah pertandingan.

Saat ini, Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang pernah berpartisipasi dalam Piala Dunia. Saat itu, ketika Indonesia dikenal sebagai Hindia Belanda.

Selain negara di ASEA, Mesir pun tertarik menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Menteri Olahraga dan Pemuda Mesir, Ashraf Sobhy, pernah mengatakan bahwa Mesir sedang mempertimbangkan upaya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment