Liga 1 2022/23 Akan Lanjut dengan Sistem Bubble di Jawa Tengah

Wiljan Pluim dikawal pemain Bali United di pekan ke-2 Liga 1 2022/23 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Jumat (29/7/2022) lalu - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan bahwa lanjutan Liga 1 2022/23 akan digelar dengan sistem gelembung (bubble) di Jawa Tengah sampai putaran pertama tuntas atau hingga laga pekan ke-17.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama LIB, Ferry Paulus di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

"Lanjutan Liga 1 itu rencananya mulai 2 Desember 2022. Untuk bubble nantinya tanpa penonton dan kami mau menyelesaikan putaran pertama dahulu," ujar Ferry, seperti diberitakan ANTARA.

Menurut Ferry, kebijakan tanpa penonton tersebut dikeluarkan agar LIB dan klub memuluskan implementasi regulasi-regulasi baru pascatragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 135 orang dan melukai ratusan lainnya.

Hal itu karena, pada paruh kedua musim Liga 1 akan kembali ke skema kandang-tandang.

Sementara Jawa Tengah dipilih karena lokasinya berada di tengah-tengah Pulau Jawa dan memiliki infrastruktur memadai yang sudah diverifikasi oleh Kementerian PUPR.

Ada empat stadion yang disiapkan untuk skema gelembung Liga 1 yakni Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion dr Moch Soebroto (Magelang).

Ferry Paulus pun menegaskan bahwa semua tim Liga 1 2022/23 setuju dengan skema gelembung itu.

"Semuanya sepakat karena memang ini menyesuaikan dengan dinamisnya peraturan-peraturan dari polisi yang akan diselaraskan mulai dari proses izin, pelaksanaan pertandingan sampai evaluasi," kata Ferry.

Pria yang sebelumnya menjabat Direktur Olahraga Persija itu melanjutkan, putaran pertama Liga 1 2022/23 diharapkan selesai sebelum laga perdana timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022 yaitu pada 23 Desember 2022.

Hal itu supaya klub-klub lebih lempang untuk melepas pemainnya ke timnas Indonesia.

"Target kami 22 Desember 2022 selesai putaran pertama. Itu bagian dari asa kami untuk membantu timnas bisa benar-benar leluasa. Teman-teman klub sudah sepakat tidak menghalangi pemain mereka ke timnas. Untuk awal putaran kedua, kami belum mendapatkan jadwal pas, tetapi yang pasti pada awal atau pertengahan Januari 2023," tutur Ferry.

Untuk menyelaraskan semua rencana terkait lanjutan Liga 1, Ferry Paulus menyebut bahwa LIB akan menghadiri rapat koordinasi yang digelar pada Senin (28/11) di Gedung Kemenpora, Jakarta.

Sumber: ANTARA