Ini Makna Logo Piala Dunia 2022 Qatar

Logo resmi Piala Dunia 2022 Qatar - (foto by FIFA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Qatar terpilih menjadi tuan rumah setelah ditunjuk oleh FIFA pada 2010 lalu. Hal tersebut membuat kali pertama negara Timur Tengah menjadi tuan rumah.

FIFA pun meluncurkan logo resmi Piala Dunia 2022 Qatar pada Selasa (3/9/2019) lalu. Peluncuran itu bertepatan dengan hari kemerdekaan Qatar dan dilakukan di beberapa lokasi ruang publik Doha.

Dikutip dari laman resmi FIFA, logo resmi Piala Dunia edisi ke-22 ini mewujudkan visi sebuah pesta sepak bola yang menghubungkan dan melibatkan seluruh dunia dengan menampilkan sentuhan elemen-elemen mencolok dari budaya Arab lokal dan regional, plus jadi kiasan untuk menggambarkan permainan sepak bola yang indah.

Desain dari logo Piala Dunia 2022 yang menggunakan kain wol putih bergaya Arab dengan pola merah marun ini ternyata membentuk angka delapan.

Gelombang kain wol yang menggambarkan bukit pasir gurun dan lingkaran tak terputus dengan membentuk angka delapan ini adalah sebagai pengingat dari delapan stadion menakjubkan yang bakal digunakan untuk menggelar pertandingan.

Selain itu, simbol itu menyiratkan infinity, mencerminkan sifat saling berhubungan dari ajang tersebut.

Selain menggemakan bentuk trofi Piala Dunia yang ikonik, bentuk logo ini mengambil inspirasi dari selendang wol tradisional. Hal itu digunakan karena selendang tersebut acap kali digunakan orang-orang di seluruh dunia, khususnya di wilayah Arab dan Teluk saat memasuki musim dingin.

Kain yang identik dengan musim dingin ini diilhami secara regional juga menyiratkan sepak mula turnamen ini yang bakal digelar tak seperti biasanya. Sebab, pada edisi kali ini, FIFA World Cup pertama kali bakal dimainkan pada bulan November dan Desember, yang notabene adalah musim dingin.

Adapun penggunaan huruf baru yang dibuat adalah untuk melengkapi logo yang identik dengan Timur Tengah. Kaligrafi Arab tradisional dalam huruf baru dan kontemporer, mengambil inspirasi dari wilayah tersebut, secara luas Asia, dan menggabungkan tradisi dengan modernitas.

Total pertandingan Piala Dunia 2022 berjumlah 64 laga. Terdiri dari laga babak penyisihan grup, fase gugur dan babak final. Dimana seluruh pertandingan tersebut akan memakan waktu sekitar 3 minggu.

Terdapat 32 tim yang akan berlaga di pesta sepakbola akbar empat tahunan ini. Nantinya 32 tim tersebut akan terbagi kedalam delapan grup yang masing-masing akan diisi empat tim. Berikut adalah jadwal lengkap Piala Dunia Qatar 2022.