Syamsuddin Umar Berharap Ada Kejutan Lagi dari Shin Tae-yong

Syamsuddin Umar - (foto by Zhizhi)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mantan pelatih yang mengarsiteki PSM Makassar juara nasional Perserikatan 1992, Syamsuddin Umar, menilai strategi yang diterapkan Shin Tae-yong di Piala AFF cukup jitu dan akurat.

Dari tiga pertandingan, selalu berubah pola dan strategi bertanding yang diterapkan. Shin menerapkan pola dan strategi yang memungkinkan anak-anak Indonesia bermain lepas. 

Ia juga menilai Shin mampu memperhitungkan kemampuan tim secara utuh dan akurat, dengan kalkulasi kemampuan semua pemain yang saling menutupi kekurangan di masing-masing sektor. 

"Shin berani memainkan pemain muda. Bahkan berani tidak memainkan Dimas sebagai starter. Dan coba perhatikan, tiga kali bertanding, tiga kali juga ganti penjaga gawang," katanya dalam percakapan dengan CELEBESMEDIA.ID, Rabu (22/12/2021) di Makassar. 

Syamsuddin mengatakan, pelatih Shin juga memahami kekuatan lawan sehingga membuatnya tahu kapan seseorang dimainkan dan diistirahatkan. Kapan main sebagai starter dan pengganti. 

Syamsuddin berharap, Shin memberikan kejutan lagi malam ini, saat Tim Indonesia melawan tuan rumah Singapura.

Salah satu keunggulan Indonesia, menurut penilaian Syam, panggilan akrabnya, pada passing bola yang bagus dan akurat. Terlihat saat anak-anak Indonesia melawan Malaysia. 

Semoga akurasi anak-anak Indonesia tetap jitu, sebab kata dia, anak-anak Singapura lebih kuat main fokus di area tengah lapangan. Bukan memanfaatkan lebar lapangan. 

Timnas Indonesia akan meladeni jamuan tuan rumah Singapura pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, malam ini, Rabu (22/12/2021). Pertandingan mulai pukul 20.30 Wita.

Sebelumnya diberitakan, dari 9 rekor pertemuan kedua tim di Piala AFF, Timnas Indonesia menelan lima kekalahan dari Singapura. Skuat Garuda hanya menang dua kali dan imbang 2 kali.

Pertemuan pertama Indonesia vs Singapura di Piala AFF terjadi pada edisi 1998. Saat itu Indonesia kalah 1-2 dari Singapura di semifinal.

Terakhir Indonesia dan Singapura bentrok di Piala AFF 2018. Pada laga penyisihan grup itu, Indonesia kalah dengan skor tipis 0-1.

Download aplikasi celebesmedia.id di Appstore dan Playstore.

Follow dan Add juga Sosial Media Celebesmedia.id di Instagram, Twitter, Facebook & Youtube.