Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Penonton Liga 1 2022/23

Penonton mamasuki lapangan usai laga uji coba PSM vs Sulut United di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Senin (6/6) - (foto by Bucek)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menegaskan bahwa mereka mengikuti pemerintah soal penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Liga 1 2022-2023.

"Kami akan mengikuti apa yang menjadi arahan pemerintah," ujar Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno di Kantor LIB, Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Salah satu yang dipertimbangkan, Sudjarno melanjutkan, adalah soal kewajiban vaksin penguat (booster).

Untuk sementara, LIB belum bergeser dari kewajiban menerima vaksin dosis lengkap untuk penonton di Liga 1 musim ini. Akan tetapi, ketentuan itu bisa berubah jika nantinya ada regulasi dari pemerintah.

"Kalau memang harus 'booster', akan kami ikuti," tutur Sudjarno.

Namun, khusus untuk tim peserta Liga 1 dan Liga 2, LIB meminta agar semua personel mereka, mulai dari jajaran manajemen, pemain hingga ofisial, diberikan vaksin penguat sebelum berkompetisi.

Hal itu demi mengurangi dampak penyebaran Covid-19 di liga dan memudahkan tim melakukan perjalanan antarkota.

"Kami menyurati klub Liga 1 dan Liga 2 dan memohon semuanya agar divaksin 'booster' agar jangan sampai ada kendala," kata Sudjarno.

Liga 1 akan diikuti oleh 18 tim, di mana tiga di antaranya yakni Persis, RANS Nusantara FC dan Dewa United berstatus sebagai tim promosi.

Tidak seperti musim 2021-2022 yang berformat seri dan berlangsung dalam wilayah klaster, Liga 1 2022-2023 akan kembali ke sistem sebelum pandemi Covid-19, dengan kandang-tandang, termasuk dapat dihadiri penonton di stadion dengan jumlah sesuai level PPKM di wilayah masing-masing.

"Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak soal protokol kesehatan. Nantinya juga ada rapat koordinasi PSSI, LIB dengan Kemenpora, Kemenkes, Satgas Covid-19 dan Mabes Polri," tutur Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita, seperti diberitakan ANTARA.