PLN Kebut Persiapan Kelistrikan Jelang PON XX Papua

PLTMG Jayapura Peaker - (foto by PLN)

CELEBESMEDIA.ID, Jayapura – Selaras dengan komitmen dalam mendukung kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 , PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) melakukan penandatanganan Kontrak Harga Satuan (KHS) terkait pembangunan, rehabilitasi, perbaikan dan penyempurnaan konstruksi jaringan distribusi, gardu distribusi serta kubikel untuk mendukung mutu dan keandalan PON XX di Provinsi Papua. 

Dalam perjanjian tersebut PLN dan mitra kerja akan bekerjasama terkait dengan pekerjaan kelistrikan yang dibutuhkan di Papua, khususnya dalam penyelenggaraan PON Tahun 2020. Kesepakatan tersebut meliputi kegiatan pekerjaan, proses pembuatan Surat Pesanan Barang/Jasa (SPBJ), spesifikasi teknis pekerjaan hingga pengawasan pekerjaan di lapangan.

General Manager Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, J. A. Ari Dartomo, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk menyukseskan kegiatan PON XX yang akan digelar tahun depan. Selain itu, kontrak berjangka waktu satu tahun ini dianggap akan mempercepat penyelesaian persiapan PON XX dalam hal kelistrikan.

“Ini adalah salah satu langkah efisiensi waktu dalam mempermudah berbagai tahapan pekerjaan serta pengambilan keputusan yang akan kita lakukan untuk kegiatan PON 2020. Kesepakatan yang telah dilakukan akan berimbas pada kualitas serta hasil kinerja yang dilakukan di lapangan,” ungkap Ari, dirilis CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi PLN, Sabtu (14/12/2019).

Di sisi lain Ari juga mengingatkan bahwa selain pekerjaan dilakukan dengan maksimal, keselamatan dan keamanan pekerja di lapangan harus diperhatikan. Menurutnya keselamatan adalah nomor satu dalam kelancaran persiapan kegiatan. “Dimohon seluruh pekerja untuk saling mengingatkan tentang keamanan saat bekerja. Semua pekerja harus dipastikan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap tanpa terkecuali”, kata Ari.

Penandatanganan KHS ini merupakan langkah cepat PLN untuk memastikan persiapan PON XX di sisi kelistrikan dapat siap tepat waktu. Hal ini tentunya akan membantu pekerjaan menjadi lebih mudah karena nantinya pekerjaan dapat dilakukan oleh banyak pihak.

Sementara itu, masih dalam rangka mendukung PON XX, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin dan Gas (PLTMG) Jayapura Peaker kini mulai Pasok Kebutuhan Listrik Kota Jayapura, usai sukses lakukan serangkaian tahap pengetesan mesin dan perangkat penunjang PLTMG Jayapura Peaker mulai menyuplai kebutuhan listrik di Kota Jayapura sejak (6/12/2019) lalu.

Peningkatan keandalan kelistrikan di Kota Jayapura menjadi salah satu fokus PLN guna mendukung pelaksanaan PON XX 2020 yang untuk pertama kalinya diadakan di tanah Papua.

PLTMG Jayapura Peaker merupakan bagian dari Program 35.000 MW yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun lalu dan sampai saat ini telah berjalan sesuai dengan rencana. Sementara itu rasio elektrifikasi PLN secara nasional juga semakin meningkat bahkan jauh melampaui target. Dari target nasional sebesar 97,5% PLN telah berhasil mencapai kenaikan rasio sebesar 98,83 % hingga bulan Juni 2019 ini.