Proses Naturalisasi Segera Rampung, Otavio Dutra Senang Dipangil TC Timnas

Otavio Dutra (foto: Abi Yazid/Goal)

CELEBESMEDIA.ID, Surabaya – Harapan Otavio Dutra untuk bisa segera menjadi warga negara Indonesia sebentar lagi terwujud. Proses naturalisasi Otavio Dutra yang di dimulai sejak 2016 itu akan segera selesai.

Pemain asal Brasil ini pun tidak sabar untuk bisa memiliki paspor dan KTP Indonesia. "Dalam waktu dekat saya sudah menjadi WNI," kata bek tengah Persebaya Surabaya itu.

Status WNI-nya segera rampung membuat pelatih tim nasional Indonesia, Simon McMenemy, tidak ragu memanggilnya masuk skuad Timnas Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan di Australia dan Bali, 6-21 Maret nanti.

Pemusatan latihan ini sebagai persiapan timnas jelang uji coba internasional kontra Myanmar di Stadion Mandala Thiri, 25 Maret mendatang.

"Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada Tuhan atas kesempatan untuk membela timnas Indonesia," ungkap Dutra melalui akun Instagram miliknya. "(Indonesia) negara yang saya dan keluarga cintai, kami sangat senang dan bangga mengetahui bahwa saya dipanggil untuk membela timnas."

"Saya sangat berterima kasih kepada coach Simon McMenemu atas kepercayaan terhadap profesionalisme saya. Saya juga berterima kasih kepada Persebaya, seluruh penggemar yang selalu mendukung saya. Terima kasih."

Dutra memang sudah lama mencari nafkah di Indonesia melalui sepakbola. Ia sudah merumput di Tanah Air sejak 2010. Sebelum berseragam Persebaya, Dutra telah membela banyak klub di Indonesia seperti Persipura Jayapura, Persegres GU, sampai Bhayangkara FC.

Bila naturalisasinya kelar, otomatis Persebaya punya satu jatah pemain asing non-Asia lagi.(*)