Tanding Perdana di PON XXI, Tim Bulutangkis Sulsel Sikat NTB 5-0

CELEBESMEDIA.ID, Aceh - Tim Bulutangkis Sulsel memulai perjuangan merebut medali di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Senin (9/10) di GOR PBSI Sumatera Utara. Dalam tanding perdana ini, tim bulutangkis putra Sulsel tampil sempurna saat melawan Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan hasil 5-0.

Sumatera Utara (Sumut), NTB, dan Aceh gugur di babak penyisihan grup bulu tangkis nomor beregu putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 setelah mereka menelan kekalahan kedua dalam pertandingan di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang.

Sumut dari Grup A, menelan kekalahan dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan skor 1-4. Kekalahan ini membuat wakil tuan rumah dipastikan tanpa wakil pada dua nomor, beregu putra dan putri setelah keduanya menderita kekalahan dua kali.

Dari Grup B, NTB menelan kekalahan dari Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan skor 0-5. Hal yang sama juga terjadi kepada Aceh yang dikalahkan Kalimantan Timur (Kaltim) dengan skor ketat 2-3.

Aceh kalah setelah pada laga keempat, wakil mereka Ghoffar Iman/Muhammad Adit tak sanggup mengatasi perlawanan Raynaldi Oktavianur/Ramanda Zibrilian dengan skor 15-21, 17-21.

Sementara itu, Sumatera Barat pada pertandingan kedua menghidupkan asa mereka lolos ke semifinal setelah menang 4-1 dari Lampung.

Dari empat grup yang berisi tiga tim di beregu putra, masing-masing juara grup berhak mendapatkan tiket ke semifinal yang dimainkan pada Rabu, 11 September 2024.

Diketahui, Tim Bulutangkis Sulsel lolos ke PON Aceh-Sumut dengan status sebagai juara grup. Untuk kontingen Bulutangkis Sulsel yang lolos ke PON ada 14 atlet, tujuh putra dan tujuh putri.

Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, yang turut hadir pada pembukaan PON XXI, berharap para atlet bisa fokus bertanding dan memberikan yang terbaik untuk daerahnya. Selain bonus, para juara juga akan mendapatkan beasiswa Pendidikan S1, S2, dan S3.

Sekda Sulsel Jufri Rahman sebagai ketua kontingen, Bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Suherman, juga tak henti-hentinya memberikan semangat dan motivasi kepada para atlet yang bertanding.