Indonesia Kalah dari Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia kalah 0-2 dari Irak - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tamunya Irak pada matchday ke-5 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam duel Indonesia vs Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6), Skuad Garuda kalah 0-2.

Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari, melakukan blunder yang membuat Irak memperbesar keunggulan menjadi 0-2.

Kesalahan fatal itu terjadi di menit 87 saat Ernando tidak mampu menerima bola dengan baik hasil operan Asnawi Mangkualam.

Ernando yang tampak meragu, justru memainkan bola di dekat dua pemain Irak yang sedang berada di depannya.

Mohanad Ali Kadhim mencoba merebut bola yang akhirnya terlepas dari Ernando. Ali Jassim yang berada di dekat keduanya, mengambil bola yang bergulir bebas dan melesakkan ke gawang.

Sementara itu, gol pertama Irak tercipta melalui tendangan penalti Aymen Hussein yang berhasil membobol gawang Ernando Ari pada menit 52.

Hadiah penalti itu didapat, saat pemain Irak mencoba mengumpan ke sisi dalam kotak penalti Indonesia.

Namun, umpan itu justru kena tangan Justin Hubner yang dinilai melanggar peraturan, sehingga wasit Shaun Evans asal Australia memberi penalti kepada Irak.

Skuad asuhan Shin Tae-yong akan kembali melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran kedua pada Selasa (11/6), guna menghadapi Filipina.

Laga tersebut menjadi kesempatan terakhir bagi Indonesia untuk bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.