Erick Thohir Tekankan Cetak Biru hingga Target Timnas di Kongres PSSI

Kongres Biasa PSSI 2023, Ahad (28/5) sore - foto by Antara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)  Erick Thohir menekankan tiga hal dalam pada Kongres Biasa 2023, Ahad (28/5/2023).

Ketiga hal tersebut yakni cetak biru atau blue print sepak bola nasional. Erick mengharapkan agar sepak bola Indonesia kedepannya dapat mendunia.

"Blue print sepak bola nasional supaya terbang lebih tinggi sudah kita paparkan. Ini tentu menjadi dogma atau target yang akan kita lakukan secara menyeluruh dari pusat dan daerah," kata Erick setelah menjalani Kongres Biasa PSSI di Jakarta mengutip Antara, Minggu sore (28/5).  

Poin selanjutnya yakni komersialisasi dalam membangun sepak bola, yang menurut Menteri BUMN ini akan membantuk sebuah yayasan sehingga yang akan membantu para.pahlawan bola Indonesia.

"Kita juga akan membentuk sebuah yayasan, di mana yayasan ini akan membantu individu-individu sepak bola, pahlawan-pahlawan seperti Kurnia Meiga, ataupun yang lain. Dan ini kami harapkan dapat menjadi sebuah terobosan, dan bahwa kami peduli terhadap pahlawan-pahlawan yang sudah berkorban untuk sepak bola kita," kata sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.   

Terakhir, Erick menyebut pihaknya sedang  mempersiapkan tim nasional untuk maju ke ajang dunia. 

 "Kita tahu tahun ini ada beberapa pertandingan penting FIFA Match Day, kita juga jadi tuan rumah untuk (kualifikasi) U-23 AFC, dan U-19 perempuan, dan juga beberapa laga kualifikasi Piala Dunia yang harus kita persiapkan dengan serius," papar Erick.

"Untuk timnas kelompok umur, agenda terdekat adalah Asian Games yang akan berlangsung pada September mendatang. Erick pun menyatakan bahwa timnas untuk Asian Games akan diperkuat oleh para tulang punggung timnas U-22 yang belum lama ini sukses meraih medali emas SEA Games 2023.

"Supaya mereka istilahnya punya pengalaman tanding yang lebih tinggi, supaya mereka jadi inti pembangunan timnas kita ke depannya," tutupnya.