7 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Juara Piala AFF U-19

Muhammad Kafiatur dan Jens Raven - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Timnas U-19 Indonesia juara Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Thailand di laga final.

Indonesia menang dengan skor tipis 1-0 atas tim Gajah Perang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (29/7) malam.

Gol semata wayang yang mengantarkan Indonesia juara dicetak oleh pemain naturalisasi Jens Raven pada menit ke-18.

Berikut Fakta Menarik Indonesia Juara Piala AFF U-19:

1. Ini merupakan gelar kedua Timnas Indonesia di Piala AFF, setelah sebelumnya mengangkat trofi yang pertama pada edisi 2013 lalu.

2. Sepanjang Piala AFF U-19 digelar, Indonesia baru dua kali masuk final. Tapi, mereka mampu menyudahi pertandingan dengan kemenangan dan memastikan juara.

3. Saat menjuarai turnamen bergengsi Asia Tenggara tersebut 11 tahun silam, Garuda Muda juga dilatih oleh Indra Sjafri. Pelatih yang sama di edisi 2024.

4. Jens Raven menjadi top skor Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024 dengan mencetak total 4 gol.

5. Indonesia menyapu bersih seluruh pertandingan di Piala AFF U-19 2024 dengan kemenangan. Di fase grup, tim Merah Putih mengalahkan Filipina (6-0), Kamboja (2-0), dan Timor Leste (6-2). Di semifinal menundukkan Malaysia (1-0) dan di final menang atas Thailand (1-0).

6. Indonesia hanya kebobolan 2 gol saat mengalahkan Timor Leste di fase grup. Empat laga lainnya mereka mampu clean sheet.

7. Timnas Indonesia memboyong dua penghargaan individu di ajang ini yang diraih Ikram Alghifari (kiper terbaik) dan Dony Tri Pamungkas (pemain terbaik).