Resmi, Ole Gunnar Solksjaer Manager Manchester United Hingga Akhir Musim

Ole Gunnar Solksjaer /foto: Racing Post

CELEBESMEDIA.ID, ManchesterManchester United (MU) memutuskan memecat Jose Mourinho sebagai Manajer Setan Merah. Pelatih Portugal itu dibebastugaskan usai dinilai gagal membawa kestabilan bagi Manchester United musim ini.

Tidak butuh waktu lama, manajemen pun menunjuk Ole Gunnar Solksjaer sebagai pelatih Interim atau manajer sementara Manchester United. Hal ini sudah dikonfirmasi MU dalam keterangan resminya. United mengonfirmasi bahwa striker asal Norwegia itu akan menangani MU sampai akhir musim 2018/2019.

Solksjaer hanya berstatus Interim karena masih memiliki kontrak dengan Molde hingga tahun 2021.

Bagi publik Manchester Untied, Solksjaer bukan orang baru. Dia adalah mantan pemain Manchester United selama 11 mjusim. Ia mencetak 126 gol dalam 366 penampilan untuk United antara 1996 dan 2007.

Di skuat MU, Solksjaer dikenal sebagai “Supersub”. Itu karena perannya yang lebih banyak dari bangku cadangan. Meski demikian, Solksjaer merupakan tokoh penting dalam prestasi yang diraih Manchester United.

Ia mencetak gol kruasial dan membawa MU menang 2-1 atas Bayern Munchen dan meraih juara Liga Champions pada musim 1998/1999. Saat itu, MU juga meraih Treble Winner.

Pada tahun 2008 ia menjadi manajer tim cadangan Manchester United yang ditunjuk langsung oleh Sir Alex Ferguson, sebelum mengambil peran manajerial di FC Molde di Norwegia.

Dalam keterangan resminya tersebut, Solksjaer akan dibantu oleh mantan tangan kanan Sir Alex Ferguson, Mike Phelan, di mana Michael Carrick dan Kieran McKenna juga akan menjadi staff pelatihnya.

Solskajer sendiri akan segera memimpin Manchester United di mana tugas pertamanya membawa setan merah menang atas Cardiff City di akhir pekan nanti.

Kembali ke Old Trafford membuat Solksjaer sangat senang. "Manchester United selalu berada di dalam hati saya, dan saya sangat senang bisa kembali ke klub ini dengan jabatan baru ini,” katanya dalam keterangan resmi di situs MU.

“Saya sudah tidak sabar untuk bekerja dengan tim yang sangat bertalenta ini dan juga para staff dan semua orang di klub,” tambah manajer berusia 45 tahun itu.

Sementara itu, pihak Molde FK mengatakan bahwa Solksjaer ke Inggris hanya sementara dengan status manajer pinjaman. "Manchester United meminta Molde FK agar meminjamkan manajer kami untuk periode waktu tertentu," ujar Direktur Molde, Oystein Neerland, seperti yang dikutip Manchester Evening News.(*)