Pengurus Esport Sulsel Dilantik Serentak Secara Virtual, Diapresiasi KONI Sulsel

ARA . 14-03-2020, 17:26
Pengurus e-Sport Sulsel dilantik secara virtual (foto: handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Untuk pertama kalinya dalam sejarah pelantikan organisasi olah raga nasional, pengurus Olah Raga Elektronik Sport (e-Sport) Indonesia melaksanakan pelantikan serentak di seluruh Indonesia secara virtual live melalu video, Sabtu (14/3/2020).

Pengurus Esports Provinsi Sulsel di antaranya juga resmi dilantik oleh Ketua Harian PB E-Sport, Irjen Pol Bambang Sunarwibowo.

Ketua Esports Sulsel, Brigjen TNI Wing Handoko, usai dilantik mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Esports untuk tingkat daerah di kabupaten dan kota di wilayah Sulsel. Di mana permainan game mobile ini bersifat kompetitif.

"Kita sudah menyiapkan Esports ini mulai dari tingkat daerah kabupaten dan kota di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, dan nantinya mereka kita rangkul untuk bekerjasama dalam mengadakan kegiatan di daerahnya nanti. Kemudian kita harapkan ada yang memiliki kemampuan yang baik dan bisa menjadi atlet yang handal Esports asal Sulsel," ujar Brigjen TNI Wing Handoko yang juga Kabinda Sulsel.

Brigjen TNI Wing Handoko mengajak klub-klub eSport di Sulsel untuk bergabung dan mendaftarkan diri. Supaya bisa didata untuk dipersiapkan menjadi atlet Esports Sulsel pada setiap ajang nantinya.

Penandatangan berita acara pelantikan pengurus Esports Sulsel dilaksanakan secara digital oleh Ketua Esports Sulsel, Brigjen TNI Wing Handoko, disaksikan Wakil Ketua KONI Provinsi Sulsel, HM Ambas Syam.

"Pada intinya kita merangkul para klub-klub yang ingin bergabung dan nantiu kedepannya kita arahkan menjadi atlet yang berkompeten, bukan trampil bermain tetapi bahasanya juga nanti yang kita arahkan juga," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Harian Esports Sulsel, Alton Annar Yunior Sampetoding, mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan menggelar kompetisi yang akan di mulai dari Kota Makassar, selanjutnya di beberapa wilayah di Sulsel lainnya nanti.

"Kita mulai persiapkan ini, untuk kompetisi tingkat daerah juga ada nanti. Ada beberapa item games Esports di antaranya PES, Mobile Legend, dan termasuk PUBG. Jelasnya tahun ini kita mulai," kata Alton Annar Y Sampetoding.

Minat masyarakat terkait Esports ini juga sangat diminati dan antusias anak muda atau kalangan milenial sudah mulai merambah di Sulsel. Ambas Syam mengakatan, pihaknya sangat mengapresiasi proses pelantikan ini karena berbeda dengan pelantikan cabang olahraga lazimnya. Menurutnya, Esports ini perkembangan yang sangat pesat dan terkesan efisien.

"Pelantikannya saja online dan sangat efisien, mulai dari waktu hingga prosesi pelantikannya. Ini sangat-sangat luarbiasa, KONI Sulsel yakin jika Esports terlaksana dengan baik," ujar Ambas Syam.

Lanjut Ambas Syam, cabor Esports memang terbilang baru. Akan tetapi cabor yang ke-50 ini di Sulsel berkembang dengan pesat, di mana Esports ini sangat digandrungi anak muda.

"Ini sudah jadi cabor yang ke-50an, termasuk bola tangan nanti bersamaan menjadi cabor yang kita eksebisikan agar bisa bermain di Porprov dan juga Porda hingga PON juga nantinya,” tutup Ambas Syam.

E-sport merupakan permainan video game yang bersifat kompetitif. Apabila sebelumnya esport identik dengan game untuk PC dan konsol, kini telah menjamah ranah game mobile.

Perkembangan industri eSport di Indonesia sudah tidak bisa dielakkan. Bahkan di Sulsel sendiri data dari KONI Sulsel jika sudah 60 juta penggemar permainan game mobile tersebut.(*)

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment