Begini Format Pertandingan Liga 1 Putri 2019

Pemain PSM putri berebut bola dengan pemain Bali United / foto: MO PSM

CELEBESMEDIA.ID, MakassarLiga 1 Putri 2019 resmi digelar sejak 6 Oktober 2019 lalu. Pada edisi perdana ini, Liga 1 Putri baru diikuti oleh 10 tim yaitu Arema Putri, Bali United Women, Galanita Persipura, Persebaya Putri, Persib Putri, Persija Putri, PSIS Putri, PSM Putri, PSS Putri, dan Tira-Persikabo Kartini.

Sebanyak 10 kontestan dibagi ke dalam dua grup. Untuk Grup A terdiri atas Persija, Tira-Persikabo, Persib, PSS, dan PSIS. Sedangkan Grup B terdiri atas Galanita Persipura, Arema, Bali United, PSM, dan Persebaya.

Pertandingan Seri 1 Grup A dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Sedangkan Grup B digelar di Stadion Gelora Brantas, Batu, Jawa Timur.

Dilansir dari detikcom, Liga 1 Putri akan berlangsung singkat saja, hanya selama sekitar dua bulan. Kompetisi dibuka pada 6 Oktober 2019 dan akan diakhiri pada 21 Desember mendatang.

 

Format kompetisi pun berbeda dengan Liga 1 putra yang menganut sistem kompetisi penuh. Liga 1 Putri memakai home match tournament, yang diawali dengan babak penyisihan atau fase pertama.

 

Di fase pertama itu dibagi dalam empat seri, di mana masing-masing tim akan memainkan empat pertandingan. Seri pertama telah selesai pekan ini.

 

Jadi, setiap peserta akan memainkan 16 pertandingan. Nantinya, dua tim terbaik dari masing-masing grup yang akan melaju ke babak semifinal. Adapun babak empat besar dan final sendiri diberlakukan sistem kandang-tandang.

Pada seri pertama ini, PSM baru mengumpulka 4 poin hasil dari sekali menang, sekali seri, dan dua kali kalah.


“Untuk seri kedua, kami masih menunggu jadwal dan lokasinya,” kata Manajer PSM putri, Marlina.

Kehadiran Liga 1 Putri boleh dibilang menjadi angin segar untuk memajukan sepakbola putri Tanah Air. Selama ini, Indonesia tidak pernah benar-benar memiliki kompetisi sepakbola lapangan profesional.

Tidak bisa dipungkiri hal ini yang membuat Indonesia tertinggal jauh dari negara-negara tetangga. Timnas-timnas putri seperti Vietnam dan Thailand telah menembus ranking 40 besar dunia.(*)