Kalahkan Vietnam, Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2022

Indonesia kalahkan Vietnam 2-1 dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tim Nasional U-16 Indonesia lolos dramatis ke semifinal setelah mengalahkan rival abadinya Vietnam pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022.

Dalam laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8) malam, Garuda Asia tertinggal lebih dulu lewat gol penalti Nguyen Cong Phuong 5 menit jelang turun minum.

Usai jeda, skuad asuhan Bima Sakti tidak menurunkan tempo permainannya. Mereka terus melancarkan serangan dan mengurung lini pertahanan The Golden Star.

Alhasil, serangan Tim Merah-Putih akhirnya berbuah gol pada menit 51 lewat sundulan Arkhan Kaka yang memanfaatkan umpan crossing Narendra Tegar.

Tiga menit berselang, Indonesia berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1. Nabil Asyura mencatatkan namanya di papan skor usai memaksimalkan serangan balik cepat.

Dengan hasil ini, Indonesia meraih 9 poin hasil dari tiga kali kemenangan dan memimpin klasemen. Sedangkan Vietnam di posisi kedua dengan enam poin.

Seperti diketahui tim yang berhak lolos ke semifinal adalah juara dari tiap grup, yang terdiri dari Grup A, B, dan C plus satu runner-up dari ketiga grup itu.

Jika satu tim berhasil memuncaki klasemen di grup-nya, praktis tim tersebut otomatis lolos ke semifinal.

Indonesia tinggal menunggu lawan di semifinal. Malaysia berpeluang menjadi lawan Nabil dan kawan-kawan di babak empat besar.

Susunan pemain Indonesia vs Vietnam

Indonesia (4-4-2): Andrika Fathir (kiper); Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Muhammad Iqbal, Habil Abdillah (belakang); M. Riski, Hanif Ramadhan, Kafiatur Rizky, Narendra Tegar (tengah); Nabil Asyura, Arkhan Putra (depan)

Vietnam (3-4-3): Pham Dinh Hai (kiper); Khuc Trung, Nguyen Huu Trong, Nguyen Luong Tuan (belakang); Nguyen Chuong Phong, Le Vanh Thuan, Le Dinh Long, Trong Tuanh (tengah); Huynh Van Danh, Bui Hoang Son, Phan Than Duc (depan)