Rekrut Witan Sulaeman, Skuad Persija Jakarta Makin Mewah

Witan Sulaeman resmi gabung Persija Jakarta - (foto by persija.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Skuad Persija Jakarta makin mewah setelah merekrut bintang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman di bursa transfer paruh musim 2022/23.

Witan menjadi rekrutan terakhir Persija di bursa transfer kali ini. Hal itu diumumkan Persija lewat laman resminya pada Selasa (31/1).

Mantan pemain Lechia Gdanks (Polandia) itu menjadi pemain keempat yang didatangkan Macan Kemayoran untuk memperkuat skuad asuhan pelatih Thomas Doll.

"Witan akan berseragam merah kebesaran Persija selama 3,5 tahun atau 42 bulan ke depan," bunyi pengumuman di laman Persija.id.

Perjalanan karir pemain asal Palu, Sulawesi Tengah itu sempat melewati pembinaan ilmu sepakbola di Diklat Ragunan. Kemudian ia terpantau oleh pelatih Timnas U-19 saat itu, Indra Sjafri, untuk bergabung ke skuadnya. 

Witan terjun ke sepakbola profesional pada periode 2019 di mana ia bermain untuk PSIM Yogyakarta di Liga 2.

Pada 2020 Witan hijrah untuk mencicipi kompetisi Eropa, tepatnya di Liga Serbia bersama FK Radnik Surdulica. Ia hanya bermain 2 kali dengan membukukan 71 menit bermain.

Setahun berselang Witan bergabung ke klub Polandia, Lechia Gdansk, di mana rekan sekompatriot Egy Maulana Vikri juga pernah berseragam Lechia Gdansk. Namun baru setengah musim berjalan dan belum sempat tampil, Witan dipinjamkan ke klub asal Slovakia, FK Senica.

Catatan Witan di FK Senica pun menonjol. Ia tampil membela klubnya sebanyak 12 kali, mencetak empat gol, dan satu assist. Usai dari masa peminjamannya di FK Senica pada 11 Mei 2022, Witan pindah ke klub Slovakia lainnya, yaitu AS Trencin.

Bersama AS Trencin, Witan bermain sebanyak 14 kali, dengan torehan empat gol dari 458 menit bermain.

Selain mempunyai catatan baik selama berkarir di level klub, Witan pun merupakan langganan Timnas.

Witan debut di Timnas sejak usia 15 tahun 7 bulan saat tampil di Indonesia kelompok umur U-19. Sampai saat ini Witan sudah mempersembahkan piala AFF U-22 2019, medali perak SEA Games 2019, dan runner up Piala AFF 2020.